Catat, Ini Orasi Ilmiah Suhatri Bur di Hadapan Pakar Pendidikan

  • Bagikan
Orasi ilmiah Suhatri Bur di hadapan pakar pendidikan membahas soal wacananya memajukan pendidikan Padangpariaman. (Foto: Humas/Berita Sumbar)

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, diundang untuk berorasi ilmiah dalam gelaran wisuda di Universitas Negeri Padang, Hotel Convention, Sabtu (19/3). Orasi ilmiah Suhatri Bur tersebut, disaksikan wisudawan sarjana, magister hingga doktoral kampus keguruan terbesar di Sumatera Barat itu.

Dalam orasi itu, Suhatri Bur memaparkan tentang arah kebijakannya dalam memajukan pendidikan Padangpariaman ke depan. Salah satunya dengan membenahi secara maksimal kualitas sekolah, di daerah yang aksesnya sulit.

“Kita juga akan melakukan pembenahan terhadap pendidikan non formal di Padangpariaman. Baik yang negeri ataupun swasta,” ujar Suhatri Bur disambut tepuk tangan para hadirin di gedung pelaksanaan wisuda tersebut.

Tidak itu saja, menurut Suhatri Bur pembenahan pendidikan akan dilakukan hingga menyempurnakan sistem zonasi. Sehingga, penerimaan peserta didik baru di Padangpariaman ke depannya tertata tanpa adanya kegaduhan di masyarakat.

BACA JUGA:  Tes Cepat, Dharmasraya 'Pecah Telur' Positif Corona

“Kita juga berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah),” janjinya.

Permasalahan lainnya yang diperhatikan Suhatri Bur selama ini yaitu soal siswa kurang mampu. Ia bertekad agar anak-anak di daerahnya tidak ada yang putus sekolah, hanya karena tidak memiliki biaya. “Kita sudah persiapkan rancangan bantuan sosial untuk mengakomodir peserta didik dari keluarga kurang mampu,” ucapnya.

Untuk memaksimalkan pembiayaan pembenahan kualitas pendidikan, pihaknya juga akan gigih melakukan penggalangan dukungan. Salah satu sasarannya yaitu CSR Badan Usaha Milik Negara (BUMD) ataupun perusahaan swasta.

“Kita juga akan meningkatkan anggaran untuk insentif guru non PNS. Khususnya yang mengajar di daerah yang sulit diakses,” janji bupati yang akrab disapa Aciak tersebut.

BACA JUGA:  Sumbar Dinilai Tidak Siap Hadapi Gempa dan Tsunami

Orasi ilmiah Suhatri Bur pun mendapat apresiasi para akademisi yang hadir di sana. Mereka tentunya berharap apa yang disampaikan dan dicita-citakan oleh Suhatri Bur bisa menjadi kenyataan. Sehingga, pendidikan Padangpariaman ke depannya semakin berkualitas. (da.)

  • Bagikan