Selasa, 20 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Cara Membaca Meteran Air PDAM, dan 5 Tips Memperkecil Tagihan Air

12235 pembaca

Meteran air dipakai buat mengenali jumlah air yang telah dipakai serta biaya yang perlu dibayarkan. Makanya, penting buat mengenali cara membaca meteran air PDAM. Lalu, mengikuti 5 tips memperkecil tagihan air.

Tiap perumahan atau bangunan yang memakai aliran air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), penting mengenali cara membaca meteran air PDAM dengan tepat. Sebab, meteran air PDAM penentu seberapa banyak air yang telah dipakai, sekalian buat penetapan biaya yang perlu dibayarkan.

Tidak saja petugas PDAM, Anda harus juga membaca sendiri jumlah air yang dipakai. Maksudnya, jika terjadi eror serta membuat tagihan naik, Anda dapat komplain serta membenahi atau ganti alat. Jadi, pengetahuan mengenai meteran air PDAM serta bagian di dalamnya sangat berguna buat Anda.

Cara Membaca Meteran Air PDAM

Cara Membaca Meteran Air PDAM, dan 5 Tips Memperkecil Tagihan Air

Makin bertambahnya technologi, cara membaca meteran air PDAM dapat dilaksanakan dengan pelbagai cara baik dengan manual ataupun memakai alat kontribusi. cara membaca meteran air PDAM juga bergantung dari tipe meteran air yang dipakai. Berikut rinci cara membaca meteran air menurut macamnya yang dapat Anda turuti:

1. Cara Membaca Meteran Air PDAM Mekanikal

Meteran air tipe ini adalah yang amat banyak dipakai buat menghitung volume air baik di nilai kecil ataupun besar. Di alat ini ada pendorong saluran air yang disangkutkan dengan angka registrasi meter. cara membaca meteran air PDAM juga cukup sederhana serta ringan, berikut beberapa langkahnya:

  1. Membuka Tutup Meteran Air
  2. Lihat jejeran angka yang ada di permukaan meteran air yang ditampakkan dalam grup kubik. Di badan display itu terdapat sejumlah sisi pengukur yang miliki peranan berlainan.

Berikut pemaparan lengkapnya:

a) Odometer

Sisi ini berperan buat membuktikan jumlah air yang udah dipakai dimulai dengan saat meteran itu terpasang pertamanya. Anda tak perlu panik karena angka di odometer ini tidak terulang lagi tiap bulan serta tidak jadi bill bulanan.

Buat membaca jumlah volume air yang Anda pakai, lihat index meteran yang terbagi dalam warna hitam serta warna merah. Warna merah dipakai buat pengecekan meteran air yang ditampakkan dalam grup liter.

Dan warna hitam dipakai jadi dasar kalkulasi bill serta ditampakkan dengan grup m3. Hingga bila Anda ingin mengenali jumlah bill air tiap bulannya, lihat angka yang warna hitam.

b) Dial Besar

Petunjuk angka yang satu berikut miliki peranan buat membuktikan grup air yang Anda konsumsi. Pertanda cheklist yang ada pada angka adalah penghalang di antara grup serta beberapa ratus.