Cagar Budaya Kuburan Sibohong Syekh Burhanuddin Dibangun

  • Bagikan
cagar budaya Kuburan Sibohong 2021
Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, saat peletakan bantu pertama cagar budaya Kuburan Sibohong, di Tanjungmedan, Ulakantapakih. (Foto: Pemkab Padangpariaman)

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur meletakkan batu pertama pembangunan cagar budaya Kuburan Sibohong Syekh Burhanuddin, di Tanjungmedan, Kecamatan Ulakantapakis, Minggu (17/10/2021).

Dalam sambutannya, Suhatri Bur mengatakan cagar budaya Kuburan Sibohong Syekh Burhanuddin merupakan sebuah tempat religi bersejarah. Jadi, setiap tahun tempat tersebut dilaksakannya ziarah, meskipun kuburan asli Syekh Burhanuddin terletak di Ulakantapakis.

Menurut sejarahnya, imbuh Suhatri Bur, cagar budaya Kuburan Syekh Burhanuddin merupakan sebuah makam yang diperuntukkan kepada Syekh Burhanuddin. Sebab, Syekh Burhanuddin pernah mengamanatkan kepada salah seorang muridnya untuk dikuburkan di Tanjungmedan.

“Amanah Syekh Burhanuddin pun dilaksanakan oleh muridnya. Sehingga hadirlah cagar budaya Kuburan Sibohong Syekh Burhanuddin ini,” ucap Suhatri Bur.

Sebagai tempat ziarah, kata Kuburan Sibohong Syekh Burhanuddin harus dijaga. Lalu membangun infrastrukturnya, sehingga semakin menarik sebagai objek wisata religius.

“Tempat ini sumber sejarah asal-usul Islam di Sumatera Barat. Jadi akan mendapatkan ilmu juga bagi yang berwisata religi ke sini,” hemat bupati yang pernah menjadi santri tersebut.

Bupati juga menilai cagar budaya Kuburan Sibohong Syekh Burhanuddin, bisa mendatangkan peziarah dari berbagai daerah. Begitupun wisatawan religius. Hal itu tentunya berdampak positif untuk pergerakan ekonomi di Tanjungmedan. (da.)

  • Bagikan
Daftar dan masuk untuk mengambil konten!