Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Bus Pariwisata Terbalik di Kabupaten Solok

  • Bagikan
Bus pariwisata yang terbalik di kawasan wisata Chinangkiek, Kecamatan X Koto Singkarak, Senin (2/11) sekitar pukul 12.00 WIB. (Foto: Istimewa)

Kabupaten Solok | Datiak.com – Satu unit bus pariwisata terbalik di kawasan wisata Chinangkiek, Kecamatan X Koto Singkarak, Senin (2/11) sekitar pukul 12.00 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa, namun belasan penumpang dilaporkan mengalami luka-luka.

Kuat dugaan bahwa bus pariwisata terbalik karena tidak kuat mendaki tanjakan menuju kawasan wisata Chinangkiek. Sehingga, bus itu mundur dan keluar dari badan jalan, lalu terbalik. Bus roda enam bernomor polisi BA 7870 AS yang dikemudikan oleh SS tersebut, mengangkut sebanyak 30 penumpang asal Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

“Baru menanjak sekitar lebih kurang 15 meter, karena mesin tidak kuat mendaki, tiba-tiba bus berjalan mundur, dan akhirnya terbalik,” ujar Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi.

Akibat peristiwa itu, 15 orang di antaranya mengalami luka-luka. Rincian 8 orang dirawat di Puskesmas Singkarak, dan 6 orang dirawat di RSU M Natsir Kota Solok, dan 1 balita terpaksa harus dirujuk ke RSUP M Djamil Padang.

Menurutnya, rombongan belum ada yang mengatakan akan berpariwisata di kawasan itu. Tapi saat ini pihak kepolisian masih melakukan pendalaman dan keterangan lebih detail atas peristiwa itu. Dan hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa.

“Saat ini (Senin sore, Red) petugas masih mengevakuasi bus. Dan melakukan pendataan dan pendalaman guna kepentingan penyidikan lebih lanjut,” pungkas Kapolres.

Sementara itu, pemilik objek wisata Chinangkiek, Epyardi saat belum bisa dihubungi untuk memberikan keterangan atas peristiwa yang terjadi di kawasan wisata miliknya tersebut.

Untuk diketahui, objek wisata Chinangkiek berada di atas bukit di kawasan Nagari Singkarak, untuk menuju kesana pengunjung harus melewati jalan yang didominasi tanjakan dan belokan, pada beberapa titik, jalur pendakian terbilang sangat terjal. (da.)

  • Bagikan