Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Bupati Padangpariaman ke Kementan Minta Dukungan

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman ke Kementan
Bupati Padangpariaman ke Kementan, Selasa (25/5). Selain menyampaikan aspirasi petani di daerahnya, Suhatri Bur juga menerima masterplan Kawasan Food Estate dari Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi. (Foto: Humas Pemkab Padangpariaman)

Jakarta | Datiak.com – Bupati Padangpariaman ke Kementan (Kementerian Pertanian), Selasa, (25/5). Di sana, Suhatri Bur meminta dukungan untuk kemajuan sektor pertanian di Padangpariaman. Hal itu lantaran mayoritas perekonomian masyarakat di daerahnya bersumber dari sektor pertanian.

Suhatri Bur memastikan, Pemkab Padangpariaman bakal mendukung penuh setiap program Kementan. Sehingga, apa yang diharapkan untuk kemajuan pertanian Padangpariaman bisa tercapai. Yakni terpenuhinya kebutuhan alat atau teknologi baru untuk petani di Ranah Saiyo Sakato itu.

“Lahan pertanian di Padangpariaman sangatlah luas. Jika teknologi pertanian terbaru dimanfaatkan untuk petani di Padangpariaman, tentunya mereka lebih produktif. Otomatis, hasil panen mereka juga lebih semakin meningkat,” hemat Suhatri Bur.

BACA JUGA:  Rumah Warga di Solsel Bisa Diseret Arus Batang Bangko

Bupati Padangpariaman ke Kementan untuk meminta dukungan, lantaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Padangpariaman sudah pasti terbatas untuk mengakomodirnya. “Kelompok tani kita terus mengusulkan permohonan bantuan alat pertanian. Kami berharap Kementan bisa mendukung mengakomodir aspirasi ini,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suhatri Bur turut menerima masterplan Kawasan Food Estate dari Kementan. Rencananya, Kementan bakal menjadikan Padangpariaman sebagai lokasi kegiatan Food Estate Hortikultura.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan akan dokus kembali pada upaya mekanisasi pertanian dan korporasi petani di seluruh provinsi. Arah pembangunan pertanian yang ditetapkannya, yaitu maju, mandiri, dan modern, sebagai pedoman bertindak tegas, cepat, dan tepat serta bekerja lebih baik.

BACA JUGA:  Rp 145 Miliar Untuk Warga Terdampak Corona

“Kementerian Pertanian akan terus mengoptimalisasi sumber daya pertanian yang dimiliki, untuk mendukung kemandirian pangan lokal dan nasional. Untuk mencapai itu, pemanfaatkan teknologi kekinian sangatlah penting. Sehingga, kita bisa mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas pertanian,” hemat Syahrul.

Maka dari itu, lanjutnya, tidak saja mendorong peningkatan mekanisasi pertanian, pihaknya juga fokus mendorong korporasi petani. Sebab, dengan korporasi pembangunan pertanian bisa lebih tertata. Sehingga, kesejahteraan petani dapat meningkat dari tahun ke tahun.

“Semua pasti bisa dicapai dengan kerja serius dan terkoodinir. Makanya, peran kepala daerah sangat penting dalam memajukan pertanian yang memang lebih dekat dengan pemerintah daerah,” tukas Menteri Pertanian. (da.)

  • Bagikan