Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Bupati Mentawai Divaksinasi, Ini Katanya

  • Bagikan
Bupati Mentawai divaksinasi di Aula Sekretariat Daerah Kantor Bupati Kepulauan Mentawai, setelah menjalani serangkaian tes kesehatan, Rabu (17/2). (Foto: Humas)

Mentawai | Datiak.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, akhirnya bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 pertamanya, Rabu (17/2). Bupati Mentawai divaksinasi di Aula Sekretariat Daerah Kantor Bupati Kepulauan Mentawai, setelah menjalani serangkaian tes kesehatan.

Yudas menjelaskan, sejumlah pejabat esensial di Mentawai, batal divaksinasi saat pencanangan vaksin sinovac awal Februari 2021. Hal itu lantaran mereka dinilai belum siap menerima suntikan vaksin dari hasil cek kesehatan.

“Saat itu saya juga tidak bisa divaksinasi, karena dari hasil tes kesehatan, hasilnya tensi saya naik,” ujar Yudas usai divaksinasi sinovac.

Jadi, Bupati Mentawai divaksinasi bersama sejumlah pejabat yang sebelumnya juga tidak jadi divaksinasi, Rabu lalu (3/2). Sejauh ini, para penerima vaksin tidak mengalami kendala atau efek samping. Hal itu pula yang dirasakannya usai divaksinasi.

BACA JUGA:  KPK Dikabarkan Tangkap 1 Orang Pejabat Sumbar

“Aman-aman saja. Tidak ada kendala. Jadi, kita harus mendukung vaksinasi ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga terwujudnya Indonesia Sehat, khususnya di Kepulauan Mentawai,” ajak Yudas.

Apalagi, imbuhnya, sebelum divaksinasi para penerimanya menjalani tes kesehatan terlebih dahulu. Jadi, vaksinasi tidak dilakukan secara serta-merta terhadap masyarakat. “Kalau hasil pemeriksaan kesehatannya menyatakan tidak memenuhi syarat, tentunya vaksin tidak disuntikkan kepada calon peserta vaksinasi,” ungkap Yudas.

Untuk itu, Yudas mengajak masyarakat Mentawai mendukung penuh program vaksinasi Covid-19. Sehingga, upaya pemerintah memberantas Covid-19 berhasil. Dan vaksin sinovac yang sudah difasilitasi pemerintah tidak sia-sia.

“Jika vaksinasi ini masuk pada tahapan di masyarakat, kita akan berharap masyarakat tidak ragu atau bimbang untuk divaksinasi. Sebab, ini untuk kesehatan kita bersama,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Pemko Pariaman Pastikan Tes Swab ASN hingga Pejabat Jika

Seperti diketahui, vaksinasi yang kini dilaksanakan di Kepulauan Mentawai masih fokus pada kalangan medis dan pekerja rumah sakit atau puskesmas. Setelah itu, vaksinasi berlanjut ke jajaran TNI/Polri, ASN, terakhir di masyarakat.

Untuk itu, Pemkab Kepulauan Mentawai saat ini terus gencar menyosialisasikan soal vaksinasi Covid-19 di masyarakatnya. Sehingga, masyarakat Bumi Sikerei itu tidak terkejut ketika gilirannya tiba untuk divaksinasi. (da.)

  • Bagikan