Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

BST Mei-Juni 2021 di Tuapejat Ditunda Penyalurannya

  • Bagikan
BST Mei-Juni 2021 di Tuapejat
Para penerima BST Mei-Juni 2021 di Tuapejat, saat antrian menunggu pencairan BST di Kantor Pos Km 1, Desa Tuapejat, Selasa (10/8/2021). (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Penyaluran BST Mei-Juni 2021 di Tuapejat sudah dimulai pada Selasa (10/8/2021), di Kantor Pos Km 1, Desa Tuapejat. Namun, sejumlah warga memprotes karena tidak menerima bantuan tersebut. Padahal, nama mereka sudah terdaftar dan terverifikasi sebagai penerima BST.

Seperti disampaikan oleh Tince Risma (32 tahun), salah seorang warga Desa Tuapejat. Ia mengaku bingung tidak menerima bantuan. Sebab, namanya sudah ada dalam data Bantuan Sosial Tunai (BST) tersebut.

“Saya dan beberapa warga lain akan terus menuntut hal ini. Sebab sudah jelas-jelas ada nama kami dalam data. Kecuali nama kami tidak terdaftar, kami masih bisa menerima tidak memperoleh bantuan,” ungkap Tince.

Hal itu dibenarkan oleh Norma (34 tahun), warga lainnya yang juga mengalami hal serupa. Ia merasa sangat kecewa tidak mendapatkan bantuan, karena namanya sudah jelas ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pusat.

“Makanya kami meminta agar pemerintah daerah melalui dinas terkait mencarikan solusi dari permasalahan kami ini. Apa penyebab adanya warga yang tidak menerima seperti kami ini,” ucapnya.

Carikan Solusi Masalah Penyaluran BST Mei-Juni 2021 di Tuapejat

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kepulauan Mentawai melalui Kabid Sosial Dinas Sosial, Lucianus Taelagat, mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapat laporan dari pemerintah desa ataupun Pos selaku penyalur BST.

Saat ini, lanjut Lucianus, Dinsos P3A Kepulauan Mentawai tengah menelusuri data terkait masalah penyaluran BST tersebut. Setelah itu, bakal membahasnya dalam rapat untuk mencarikan solusinya. “Kami akan rapat dengan pimpinan soal ini. Hasilnya pasti kita sampaikan ke masyarakat,” janjinya.

Sedangkan Koordinator Lapangan (Korlap) Pos, Syaiful, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima edaran dari Dinsos P3A Mentawai, agar penyaluran BST Mei-Juni 2021 di Tuapejat ditunda terlebih dahulu.

“Kami sifatnya hanya menjalankan perintah. Penyaluran yang kami lakukan pun berdasarkan data yang kami terima dari dinas terkait. Kalau ada nama kami bayarkan, kalau diminta tunda pembayaran ya kami tunda,” katanya.

Untuk diketahui, periode sebelumnya penerima BST khususnya warga Desa Tuapejat, sebanyak 256 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan penerima BST Mei-Juni 2021 di Tuapejat berkurang menjadi 240 KPM. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan