Bibit Tanaman Ekonomi Diberikan Langsung ke Petani Mentawai

  • Bagikan
bibit tanaman ekonomi mentawai
Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar saat menyerahkan bantuan bibit pertanian langsung kepada petani Mentawai, disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, memberikan 930 bibit tanaman ekonomi dan pelindung ke Kabupaten Kepulauan Mentawai. Yakni berupa bibit pohon jengkol, pinang, durian, mangrove, nyamplung, dan cemara laut.

Penyerahan bantuan oleh Gubernur Sumbar dan wakilnya Audy Joinaldy tersebut, disaksikan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake. Lalu para kepala daerah se-Sumatera Barat.

“930 bibit tanaman ekonomi ini ditujukan untuk mendorong perekonomian petani di Mentawai. Sedangkan bibit pohon pelindung untuk menjaga keindahan alam Mentawai,” ujar Mahyeldi usai menyerahkan bantuan 930 bibit tanaman tersebut di kawasan wisata Desa Goisok Oinan, Kecamatan Sipora Utara, Senin (7/3/2022).

Katanya, bantuan bibit tanaman ekonomi dan pelindung dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat itu, berupa bibit pohon jengkol sebanyak 600 batang, durian 100 batang, pinang 100 batang, mangrove atau bakau 110 batang, cemara laut 10 batang, dan pohon nyamplung 10 batang.

Khusus bantuan berupa bibit pohon jengkol, diserahkan oleh Gubernur Sumbar kepada 2 kelompok tani di Mentawai tersebut. Yakni Hutan Adat Uma Goisok Oinan di Kecamatan Sipora Utara, lalu KTH Leleu Mentawai dari Desa Mara, Kecamatan Sipora Selatan.

“Manfaatkan dan kelola dengan baik bibit tanaman ekonomi ini, sehingga hasil panennya bisa memuaskan nantinya untuk membantu perekonomian kita,” pesan Mahyeldi kepada para petani yang menerima bantuan tersebut. (da.)

Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan