Bibit Pinang Batara Dibagikan ke 420 Keluarga di Tuapejat

  • Bagikan
bibit pinang batara tuapejat
Petugas Desa Tuapejat ketika mempersiapkan bibit pinang yang akan dibagikan kepada masyarakat. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Pemerintah Desa Tuapejat membagikan 63 ribu bibit pinang batara kepada 420 keluarga (KK). Masing-masing KK mendapatkan sebanyak 150 bibit pinang tersebut. Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Tuapejat, Pusuibiat T. Oinan.

“Ini salah satu upaya kita untuk memulihkan perekonomian masyarakat Tuapejat. Pembagian bibit pinang batara ini menyentuh masyarakat kita yang tersebar di 9 dusun di Desa Tuapejat ini,” ujar Pusuibiat.

Untuk pengadaan bibit pinang, lanjutnya, dialokasikan dari Dana Desa yang bersumber dari APBN tahun 2021. Nilainya sekitar Rp 175 juta. “Bibit pinang batara itu jumlahnya 63 ribu butir. Sudah kita bagikan semuanya ke 420 KK, yang masing-masing KK mendapatkan 150 butir bibit,” jelasnya.

Sekarang, tugas pihaknya terus memotivasi masyarakat penerima bantuan, agar terus bersemangat menanam bibit pinang batara yang telah mereka terima. Sehingga, bibit itu tidak menjadi sia-sia.

“Kalau ditanam dengan baik, mungkin 4 sampai 5 tahun ke depan, pinangnya sudah mulai belajar berbuah. Makanya, kami terus memantau masyarakat yang sudah menerima bibit itu,” ungkapnya.

Bahkan, pihaknya memastikan bakal melakukan monitoring setiap 5-6 bulan. Hal itu untuk memastikan bahwa bibit yang diberikan benar-benar ditanam dan dirawat. “Kalau kedapatan ada yang tidak serius, kita pastikan tidak akan diberi bantuan lagi ke depannya,” tegas Pusuibiat.

Selain bibit pinang batara, Pemerintah Desa Tuapejat juga melakukan pengadaan 3 unit traktor untuk pembajak sawah. Traktor itu diperuntukkan kepada kelompok tani di Dusun Mapaddegat. (da.)

Baca berita Kepulauan Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan
Daftar dan masuk untuk mengambil konten!