Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Basis Perempuan Dapat Sosialisasi dan Pendidikan KPU Padang Pariaman

Jajaran KPU Padangpariaman bersama Ormas, OKP dan media perempuan usai kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih, kemarin. (Foto: Hasnul Uncu for KPU Padang Pariaman)
521 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – KPU Padang Pariaman menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih di basis perempuan di Padang Pariaman, di Aula RM Sambalado Pariaman, Kamis (1/9). Kegiatan tersebut diikuti Ormas dan OKP perempuan, serta perwakilan wartawan perempuan di Padang Pariaman.

Dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih itu, tiga komisioner KPU Padang Pariaman yang memberikan materi. Yakni Erik Eksrada, Dewi Aorora, dan Ratna Juita.

“Kegiatan ini salah satu upaya KPU Padang Pariaman dalam melakukan pembenahan dan mewujudkan pemilih yang cerdas dan cermat dalam pelaksanaan Pemilu serentak nantinya,” kata Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaidi.

Katanya, segmen pemilih perempuan yang paling banyak dalam data pemilih di Padang Pariaman. Dalam sejarah pergerakan Indonesia, para tokoh juga banyak dilahir dari basis perempuan.

“Afirmasi perempuan dalam undang-undang, diwajibkan bahwa kepengurusan parpol harus ada keterwakilan perempuan minimal 30 persen,” ungkap Zulnaidi didampingi Sekretaris KPU Padang Pariaman, Darlis.

Menurutnya, tanatangan pemilu ke depan banyaknya pemilih yang irasional. Pemilih masih mengedapankan dalam menentukan pilihannya berdasarkan faktor kedekatan dan politik uang. Hal itu katanya harus jadi pekerjaan rumah (PR) bersama, sehingga pemilihan mendapatkan hasil berkualitas.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Padang Pariaman, Erik Eksrada, menjelaskan bahwa selain sosialisasi dan pendidikan pemilih basis perempuan, KPU Padang Pariaman juga melaksanakan kerja sama dengan Ormas dan OKP, serta media dari kalangan perempuan.

Hal ini bertujuan agar kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih bisa tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat. “KPU bisa bergandengan tangan untun mencerdaskan pemilih, guna meningkat partisipasi. Baik secara kualitas maupun secara kuantitas,” kata Erik.

“Harapan kami, nantinya Ormas, OKP dan media bisa membantu KPU Padang Pariaman membangun nilai kualitas pemilu, sebagai wujud dan nilai kecintaan terhadap negeri ini,” tambahnya. (da.)