Bantuan Tower di Mentawai Ditargetkan Rampung Tahun Ini

  • Bagikan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kepulauan Mentawai, Heri Robertus, menjelaskan bahwa bantuan tower di Mentawai sebanyak 11 unit yang diberikan Kemenkominfo bakal diusahakan rampung akhir 2020 ini. (Foto: Istimewa)

Mentawai | Datiak.com – Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat bantuan 11 unit Tower Base Transceiver Station (BTS) 4G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Bantuan tower di Mentawai itu, ditargetkan bakal rampung di pengujung 2020 ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kepulauan Mentawai, Heri Robertus. Katanya, bantuan tower di Mentawai tersebut disalurkan Kemenkominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Iapun menjelaskan bahwa 11 unit tower 4G tersebut tersebar di enam kecamatan yang ada di Kepualau Mentawai. Yakni di Kecamatan Sikakap, Siberut Barat, Siberut Barat Daya, Pagai Selatan, Pagai Utara, lalu di Kecamatan Siberut Utara.

“Lokasi pasnya yaitu di 11 dusun. Yakni Dusun Silak Oinan di Desa Taikako, lalu Dusun Sakaladat, Limu dan Tiniti di Desa Simalegi. Selanjutnya di Dusun Toloulaggo, Desa Katurei,” ujar Heri saat diwawancari di ruang kerjanya.

BACA JUGA:  Sanksi Perda AKB Sumbar Diterapkan Mulai Kamis Ini

Sedangkan tiga tower, lanjut Heri, dipasang di Dusun Belek Raksok, Makalo dan Bake yang berada di Desa Malakkopa, Kecamatan Pagai Selatan. Lalu satu tower di Dusun Silabu Utara, Desa Silabu, Kecamatan Pagai Utara. “Dua tower lagi dipasang di Desa Monganpoula dan Malancan yang berada di Kecamatan Siberut Utara,” ungkapnya.

Heri membenarkan bahwa peralatan untuk pembangunan tower sudah ada yang didistribusikan ke kecamatan tujuan pembangunan tower. Di antaranya Kecamatan Siberut Utara dan Sikakap. Katanya, pihak vendor berusaha agar tower rampung dan aktif tahun 2020 ini.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak BAKTI via zoom meeting, membahas soal tiga lokasi prioritas yang tidak bisa dibangun tower BTS 4G. Penyebabnya karena di sekitarnya terdapat tower-tower regular,” ungkap Heri.

BACA JUGA:  Pemkab Kepahiang dan Padangpariaman Pererat Koordinasi

Sekarang, lanjutnya, kondisi tersebut masih dalam perumusan untuk dicarikan solusinya oleh pihak BAKTI dan Telkomsel. Pihaknya juga menyampaikan seluruh usulan yang masuk dalam aplikasi, termasuk menyangkut dusun yang masih blank spot.

“Sekarang kami terus melakukan pengambilan data, sehingga seluruh dusun di Kepulauan Mentawai yang masih blank spot terus kita usulkan setiap tahun ke pemerintah pusat,” pungkas Heri. (da.)

  • Bagikan