Bantuan Perumahan di Mentawai Tahun Ini Sebanyak 523 Unit

  • Bagikan
bantuan perumahan di Mentawai tahun 2022
Salah satu rumah yang mendapat bantuan pembangunan baru dalam proses pengerjaan. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Bantuan perumahan di Mentawai tahun ini cukup banyak. Yakni untuk 523 unit rumah. Sumber anggarannya dari APBD, APBN, serta Dana Alokasi Khusus (DAK). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan Kepulauan Mentawai, Budi Siregar, kemarin.

Budi menjelaskan, bantuan perumahan di Mentawai yang bersumber dari DAK sebanyak 465 rumah. Sebanyak 350 unit rumah di antaranya mendapat bantuan berupa rehab. Sedangkan 115 unit rumah lagi, berupa bantuan pembangunan baru.

“Bantuan berupa rehab rumah itu tersebar di Pulau Sipora dan Sikakap. Masing-masing rumah mendapat Rp 20 juta. Rincinya, Rp 17,5 juta untuk pembelian material, Rp 2,5 juta untuk upah tukang. Sumber anggaran ini dari APBN,” papar Budi.

bantuan perumahan di Mentawai 2022
Kepala Dinas Perumahan Kepulauan Mentawai, Budi Siregar. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Sedangkan bantuan perumahan di Mentawai dalam bentuk pembangunan baru, katanya tersebar sebanyak 65 unit di Desa Monganpoula, Kematan Siberut Utara, dan 50 unit di Desa Sinakak, Kecamatan Pagai Selatan. Rumah baru dibangun dengan ukuran 6×6 meter persegi.

“Kalau pembangunan baru ini sumber anggarannya dari DAK. Masing-masing rumah dapat Rp 45 juta. Rincinya, Rp 40 juta untuk material, Rp 5 juta upah tukang,” ungkap Budi.

Sementara itu, sambungnya, bantuan perumahan di Mentawai yang bersumber dari APBD Kepulauan Mentawai, dialokasikan untuk 10 unit rumah. Sasaran bentuan ini berada di Dusun Rokot, Desa Matobek,  Kecamatan Sipora Selatan.

“Bantuan dari APBD ini juga berupa pembangunan baru untuk korban bencana. Masing-masing rumah dialokasikan Rp 45 juta,” ucapnya.

Di samping itu, tambahnya, bantuan perumahan di Mentawai lainnya, berasal dari pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Mentawai. Nilainya Rp 15 juta per rumah. “Bantuan dari pokir anggota DPRD Mentawai ini untuk rumah warga di Dusun Pinatektek, Desa Sikakap,” jelasnya.

Sekarang, kata Budi, bantuan perumahan itu beberapanya sedang berlangsung. Lalu, ada juga yang masih dalam proses menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“SK bupati itu untuk memastikan legalitas penerima bantuan. Sekarang kami juga sedang menyosialisasikan verifikasi data untuk pelaksanaan pembangunan, ” tukas Budi. (da.)


Baca berita Kepulauan Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan