Bank Nagari Lubukalung kembali Salurkan CSR Pendidikan

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni menerima secara simbolis CSR Pendidikan dari Wakil Kepala Bank Nagari Lubukalung, Fifi Afrina. Turut mendampingi Plt Kadisdikbud Zahirman, Inspektur Hendra Aswara, dan Kepala Bank Nagari Cabang Pembantu Sicincin, Rinche Nurdian. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Bank Nagari memang komitmen dalam memajukan pendidikan. Buktinya, Corporate Social Responsibility (CSR) Pendidikan kembali disalurkannya di Kabupaten Padangpariaman, Selasa (23/9). Bantuan senilai Rp 100 juta itu, diterima langsung oleh Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, dari Wakil Kepala Bank Nagari Lubukalung, Fifi Afrina.

“CSR untuk pendidikan ini memang rutin kita salurkan setiap tahun. Program ini berlangsung sudah sangat lama,” ujar Fifi Afrina didampingi Kepala Bank Nagari Cabang Pembantu Sicincin, Rinche Nurdian, usai menyerahkan CRS tersebut secara simbolis kepada Ali Mukhni.

Secara teknis, imbuhnya, para penerima bantuan diatur oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padangpariaman. Mulai dari jenjang pendidikan, kriteria penerima bantuan hingga jumlah para penerima bantuan. “Jadi, kami nantinya menunggu data dari Disdikbud Padangpariaman terkait siapa saja yang akan menerima bantuan pendidikan dari CSR ini,” ungkapnya.

Sedangkan sistem penyeluran bantuan, lanjut Fifi, langsung ke rekening para penerima. Untuk itu, setiap penerima harus memiliki rekening Bank Nagari terlebih dahulu. “Kalau syarat dari kita cukup rekening Bank Nagari saja. Soal syarat lainnya, itu tergantung ketetapan di Disdikbud,” katanya.

BACA JUGA:  Bantuan APD Disalurkan BPBD Sumbar ke Mentawai

Fifi menjelaskan, CSR Pendidikan tersebut sebenarnya tidak hanya disalurkan oleh Bank Nagari Cabang Lubukalung, tetapi seluruh cabang yang ada di Sumatera Barat. Biasanya, penyalurannya di momen penting, seperti saat Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI).

“Karena sekarang di masa pandemi, semua jadi dibatasi, beginilah kita menyerahkan CSR ini. Namun yang terpenting program Bank Nagari Peduli ini tetap berjalan,” ucapnya.

Tanggapan Ali Mukhni 

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni sangat berterima kasih atas kepedulian Bank Nagari terhadap pendidikan. Menurutnya, penyaluran CSR oleh Bank Nagari Lubukalung, bukti komitmen Bank Nagari memajukan pendidikan di Sumbar. Selain itu, masyarakat Sumbar dengan ekonomi lemah, tentunya sangat beruntung lahir bantin karena adanya program tersebut.

“Penyaluran CSR yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Bank Nagari ini, sudah pasti sangat membantu para pelajar kita yang perekomiannya lemah. Terlebih dalam kondisi pandemi ini. Semoga bantuan ini mejadi amal ibadah,” harap Ali Mukhni.

Ali Mukhni juga menjelaskan, kepedulian Bank Nagari terhadap Padangpariaman sudah sangat banyak. Buktinya di tahun 2019 lalu, Bank Nagari memberikan CSR senilai Rp 1,5 miliar untuk pembangunan gerbang masuk Asrama Haji. Gerbang itu juga akan memperkenalkan Bank Nagari kepada jemaah yang masuk di Asrama Haji Padangpariaman itu nantinya. Sebab, di sana terpasang logo dan nama Bank Nagari.

BACA JUGA:  Ibu Hamil Terjatuh Penyebab Bayi Lahir Sumbing?

“Sekarang pembangunan gerbang itu sudah tinggal finishing. Sangat bagus sekali. Ini amalan yang sangat besar dilakukan Bank Nagari, karena menyambut para jemaah haji dari berbagai provinsi di Pulau Sumatera ini,” hemat Bupati Peraih Penghargaan Peduli Pendidikan Islam dari Kementerian Agama itu.

Gerak Cepat

Sedangkan Plt Kepala Disdikbud Padangpariaman, Zahirman mengatakan, usai penyerahan CSR Pendidikan secara simbolik, dirinya bersama Wakil Kepala Bank Nagari Cabang Lubukalung dan jajaran, langsung menuju kantor Disdikbud Padangpariaman. Sebab, ia sudah menginstruksikan para kepala bidang untuk menghimpun data.

“Saya sudah hubungi tadi para kabid agar menunggu di kantor, sehingga berkas-berkas yang diperlukan cepat diserahkan. Jadi, penyaluran bantuan bisa dimulai besok atau lusa,” ujar Zahirman.

BACA JUGA:  Lari dari Rumah, si Ayah Mencari hingga Menghamili Anaknya

Ia membenarkan bahwa penentuan penerima bantuan diserahkan sepenuhnya oleh Bank Nagari kepada Disdikbud Padangpariaman. Untuk itu, pihaknya memutuskan memberikan bantuan untuk para pelajar miskin berprestasi. “Jadi tidak sekedar miskin saja, tetapi penerima harus juga berprestasi dalam pendidikan,” ujar Zahirman.

Penetapan itu diputuskan pihaknya, agar bantuan dapat tersalurkan dengan maksimal dan jelas peruntukannya. Sebab, anak-anak berprestasi yang ekonomi keluarganya lemah, pasti kesulitan dalam memenuhi kebutuhan belajarnya. Terlebih di masa pandemi ini.

“Kalau dalam aturan itu, wewenang kita kan hanya SD dan SMP. Namu kemungkinan kita akan tetap akomodir siswa Padangpariaman di jenjang SLTA yang berprestasi, tetapi perekonomiannya lemah,” ungkap Zahirman.

Dari perumusan pihaknya, CSR senilai Rp 100 juta tersebut bakal diberikan kepada 200 pelajar di Padangpariaman. Yakni 20 orang siswa SLTA, 80 orang di tingkat SLTP dan 100 orang murid SD. “Semoga dengan bantuan ini para pelajar kita yang berprestasi semakin termotivasi untuk belajar gigih,” pungkas Zahirman yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padangpariaman tersebut. (da.)

  • Bagikan