Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Balap Liar di Padang tak ada Kapoknya, Polisi Amankan 3 Ribu Kendaraan

Ilustrasi pelaku balap liar. Minggu dini hari (26/11/2023), Satlantas Polres Padang melakukan penertiban terhadap pebalap liar. (Foto: NTMC Polri)
140 pembaca

Padang | Datiak.com –  Pelaku balap liar di Padang tak pernah jerah. Buktinya, dalam sebulan terakhir, Satlantas Polresta Padang sudah mengamankan 3 ribuan kendaraan di Pusat Provinsi Sumbar ini.

Terakhir, penertiban pelaku balap liar di Padang dilakukan pada Minggu dini hari (26/11/2023). Razia tersebut dilakukan di lokasi yang rawan balap liar, tawuran, dan kejahatan jalanan lainnya.

Kasat Lantas Polresta Padang, AKP Alfin, menyampaikan bahwa razia tersebut melibatkan 15 personil Satlantas. Petugas pun kembali menemukan pelanggar lalu lintas.



Alhasil, dalam razia balap liar di Padang itu, sebanyak 57 pelanggar lalu lintas ditilang. Bahkan, 49 kendaraan terpaksa diangkut ke Mapolresta Padang.

“Pelanggaran yang ditemukan melibatkan pengendara di bawah umur, kendaraan tanpa pelat nomor, menggunakan knalpot brong, tidak mengenakan helm, dan beberapa terlibat dalam balap liar,” ungkap AKP Alfin.

Kasat mengakui rendahkan kesadaran pengendara di Padang. Sebab, dalam sebulan terakhir, pihaknya telah menindak 3.000 kendaraan, yang terdeteksi langsung melakukan pelanggaran.

“Pelanggaran yang paling sering terjadi adalah penggunaan knalpot brong dan ketidakpatuhan terhadap aturan memasang pelat nomor,” ujarnya.

“Selain itu, banyak motor yang diamankan karena ditinggalkan oleh pengendara saat terlibat dalam balap liar,” tambah AKP Alfin.




Dia menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berkompromi terhadap pelanggaran lalu lintas, karena meresahkan masyarakat.

Tindakan tegas terhadap pelanggaran lalu lintas menjadi langkah yang diambil untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan kenyamanan masyarakat. (*)