Balairung Nagari Tandikek, Wadah Pelestarian Adat

  • Bagikan
Balairung Nagari Tandikek 2021
Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, saat meresmikan Balairung Nagari Tandikek, Kamis (21/10). (Foto: Pemkab Padangpariaman)

Padangpariaman | Datiak.com – Balairung Nagari Tandikek diresmikan oleh Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, Kamis (21/10). Keberadaan balairung itu, diharapkan bisa menjadi wadah pelestarian adat dan budaya nagari ke depannya.

Rahmang sangat mengapresiasi KAN dan Pemerintah Nagari Tandikek, yang terus berupaya melestarikan adat dan budaya masyarakat Minangkabau di nagari itu. Yakni dengan selalu mengedepankan musyawarah untuk mufakat, dengan mendirikan Balairung Adat Nagari Tandikek.

“Mudah-mudahan Balairung Nagari Tandikek ini terus dijaga hingga generasi penerusnya,” harap Rahmang.

Rahmang turut berterima kasih kepada Nagari Tandikek yang mewakili Kabupaten Padangpariaman, dalam penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021. Sekarang, tinggal menunggu hasil penilaian dari tim provinsi.

“Kita doakan agar KAN Nagari Tandikek berhasil keluar sebagai pemenang untuk tingkat provinsi,” ucap pensiunan PNS yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padangpariaman tersebut.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Balairung Nagari Tandikek, Bujang Pandawa, menjelaskan bahwa pembangunan balairung terlaksana berkat kerja sama semua elemen masyarakat, serta swadaya dari masyarakat.

“Pembangunan balairung adat ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi adat di Nagari Tandikek, serta melestarikan adat dan budaya,” kata Bujang.

Ia pun menjelaskan bahwa balairung merupakan suatu tempat bagi pemuka adat dalam menyelesaikan sengketa di tengah-tengah masyarakat. “Suatu kebanggaan bagi tokoh-tokoh adat serta masyarakat untuk menciptakan tokoh adat yang berwawasan “Adaik Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabulah”. Mari bersama-sama kita tingkatkan fungsi adat di masyarakat,” ajaknya.

Peresmian Balairung Nagari Tandikek itu turut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Alfian, Kabag Perekonomian, Mulyadi, Camat patamauan, Imran Rafi’I, Wali Nagari Tandikek, Saharudin, serta Ketua DPD Partai Golkar Padangpariaman, Asmadi. (da.)


Baca berita Padangpariaman hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan
Daftar dan masuk untuk mengambil konten!