Atlet Disabilitas Solsel Raih 2 Emas dan 1 Perak

  • Bagikan
atlet disabilitas Solsel
Plt. Kabid Pora Disdikpora Solsel, Afrizal. A, mengalungkan medali dan menyerahkan hadiah kepada salah seorang atlet disabilitas Solsel yang meraih medali emas Peparpeprov Sumbar. (Foto: Dok Afrizal. A)

Solok Selatan | Datiak.com – Tiga atlet disabilitas Solsel (Solok Selatan), yakni Nafisa Aulia, Lusi Maria Putri, dan Farel Ramadani, telah membanggakan daerahnya. Sebab, mereka berhasil meraih medali di ajang Pekan Paralympic Pelajar Provinsi (Peparpeprov) Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam Peparpeprov Sumbar tersebut, Nafisa Aulia berhasil membawa pulang medali emas putri di kelas Lompat Jauh Tuna Rungu. Sedangkan Lusi Maria Putri mengamankan medali emas putri di kelas Lari 100 Meter Tuna Netra.

Sementara itu, 1 medali perak dipersembahkan oleh Farel Ramadani, yang berkompetisi di kelas Lari 100 Meter Tuna Rungu (Putra). Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Solok Selatan, Irwandi Osmaini, kemarin (27/6).

BACA JUGA:  Sinyal di Nagari Sisawah Berkat Aspirasi Andre Rosiade

Katanya, atlet disabilitas Solsel yang ikut ajang Peparpeprov Sumbar yang digelar di Kota Padang sebanyak 10 orang. Yakni 6 orang atlet putra dan 4 orang lainnya atlet putri.

“Atlet disabilitas Solsel adalah aset yang sangat berharga bagi daerah kita,” ujar Irawandi Osmaini yang didampingi Plt. Kepala Bidang Pora, Disdikpora Solsel, Afrizal. A.

Untuk itu, pihaknya berharap seluruh pihak terkait turut memberikan perhatian penuh terhadap atlet disabilitas di Solok Selatan tersebut. Khususnya dari organisasi olahraga seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), serta pemerhati kalangan disabilitas.

“Dengan perhatian itu setidaknya atlet disabilitas kita bisa mendapatkan berbagai bentuk pembinaan dan dukungan,” tukasnya.

Menambahkan, Afrizal menjelaskan bahwa prestasi para atlet disabilitas Solsel mengalami peningkatan dibandingkan pada ajang yang sama di tahun 2019. Sebab, di tahun itu mereka hanya mampu membawa pulang 1 medali emas.

BACA JUGA:  Musim Ombak, Mentawai Waspadai Virus Corona

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa bawa pulang 2 medali emas dan 1 medali perak Pekan Paralympic Pelajar Provinsi Sumatera Barat,” ucap Afrizal bersyukur.

Atlet Disabilitas Solsel ke Peparpenas

Kendati hanya mengantongi 1 emas di Peparpeprov Sumbar, lanjut Afrizal, Solok Selatan sudah sangat bangga, karena bisa mengirim atletnya mewakili Sumatera Barat di Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas).

“Pekan Paralympic Pelajar Nasional tahun ini diagendakan pelaksanaannya di bulan September besok. Sebenarnya ini gelaran Peparpenas 2020 yang terdunda karena pandemi Covid-19,” ungkap Afrizal.

Sedangkan 2 atlet disabilitas Solsel yang berhasil meraih medali emas Peparpeprov Sumbar tahun ini, katanya bakal diproyeksikan mewakili Sumatera Barat di ajang nasional yang digelar tahun 2022 mendatang. (da.)


BACA JUGA:  Stadion Utama Sumbar Ditarget Rampung Akhir Oktober

Temukan berita Solok Selatan hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan