Ashelfine: Pembangunan Sumber Daya Manusia Harus Ditingkatkan

  • Bagikan
Ashelfine bahan soal pembangunan SDM di Sijunjung. (Foto: Istimewa)

Sijunjung | Datiak.com – Tokoh masyarakat Sijunjung, Ashelfine, menilai pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal penting untuk digebrak. Ia berharap tidak ada lagi anak putus sekolah di bangku SD, apalagi buta huruf di Kabupaten Sijunjung.

“Maju mundurnya suatu daerah tidak akan terlepas dari SDM masyarakat itu sendiri. Namun tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal, adat, budaya sebagai satu kesatuan masyarakat sosial hukum adat,” kata Ashelfine saat diskusi terbuka di Nagari Sumpurkudus, Kecamatan Sumpurkudus, Kamis (22/10).

Untuk sarana informasi komunikasi saja misalnya. Saat ini masyarakat tidak lagi hanya memanfaatkan ponsel untuk menelepon. Akan tetapi satu android, dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. “Pembangunan sumber daya manusia harus ditingkatkan. Ini menjadi PR Pemkab Sijunjung ke depannya di bawah kepemimpinan kepala daerah baru,” tegasnya.

BACA JUGA:  Bus Pariwisata Terbalik di Kabupaten Solok

Dijelaskannya pengacara di Pekanbaru tersebut, pembangunan SDM juga berkaitan erat dengan tingkat angka harapan hidup. Semakin tinggi ilmu pengetahuan dan SDM akan semakin bijak pula masyarakat menghadapi tantangan hidup. “Diharapkan ke depannya Kabupaten Sijunjung terus maju berkembang, dan SDM masyarakatnya kian meningkat,” imbuh Ashelfine.

Sudah Lama Berbuat

Pemkab Sijunjung yang kini dipimpin Yuswir Arifin, sebenarnya bukan tidak berupaya dalam meningkatkan SDM di daerahnya. Pasalnya, kerja sama juga dibangun dengan berbagai perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sijunjung.

Salah satunya di tahun 2018 lalu, Pemkab Sijunjung bekerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). Kesepakatan kerja sama ditandatangani langsung oleh Yuswir Arifin, dihadapan Rektor UNP, Prof Ganefri, saat usai kegiatan wisuda periode ke-110 di Kampus UNP, Minggu (18/3/2018).

BACA JUGA:  17 Daerah di Sumbar Jalani Normal Baru

Saat itu, Yuswir memastikan bahwa Pemkab Sijunjung berkomitmen melakukan kerja sama di bidang pendidikan, untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi. Yakni menyangkut pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat demi meningkatkan SDM.

Tidak itu saja, katanya Pemkab Sijunjung selalu berinovasi dan mengembangkan SDM secara berkesinambungan. Khususnya untuk menciptakan SDM berkualitas. Untuk itu, diperlukan penguatan dalam bidang pendidikan, terutama dalam hal rekayasa ekonomi kreatif dan pariwisata, agar dapat dipercepat pembangunannya.

“Upaya pengembangan SDM diantaranya dilakukan melalui kerja sama dengan institusi pendidikan yang kompeten. Contohnya kerja sama dengan UNP yang sudah berakreditasi A saat ini,” kata Yuswir. (da.)

  • Bagikan