Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Arung Jeram di Nagari Padang Tarok Menggoda Gubernur

  • Bagikan
arung jeram di Nagari Padang Tarok
Para wisatawan yang asyik menikmati sensasi arung jeram di Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. (Foto: Istimewa)
Sensasi arung jeram di Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, patut dicoba. Sebab, dijamin mampu memacu adrenalin dan memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmat olehraga satu ini. Bahkan, tak tanggung tanggung orang nomor satu di Sumbar, yakni Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, juga penasaran menjajal arung jeram di Batang Agam tersebut. Seperti apa?

“ASIK. Tapi mendebarkan juga arung jeram di Nagari Padang Tarok ini. Saya serasa menari di derasnya air. Saya, mendukung semua  pengembangan potensi yang ada di nagari kita. Semua harus digali secara maksimal untuk sebesar-besarnya meningkatkan perekonomian masyarakat. Termasuk potensi wisata arung jeram, yang  memang memiliki risiko tertentu,” kata Mahyeldi, usai menjajal wisata arung jeram di Nagari Padang Tarok, Kabupaten Agam, Minggu (5/9/2021).

Dia memprediksi sektor pariwisata akan kembali menggeliat setelah pandemi Covid-19 berakhir. Wisata  itu akan mengarah pada wisata keluarga. Karena itu potensi wisata yang ada di daerah atau Nagari harus  mulai di benahi sejak sekarang. “Kebersihan harus dijaga agar tidak mengurangi keindahan destinasi,” pesannya.

Ia mengingatkan pengelolaan wisata di nagari tidak hanya persoalan destinasi tetapi juga keramahan dan penerimaan masyarakat terhadap wisatawan. Masyarakat yang ramah dan memberikan pelayanan yang baik, serta tidak ada pungli akan menjadi salah satu keunggulan yang memberikan kenyamanan wisatawan.

BACA JUGA:  Kabar Baik untuk Pencinta Bumi Sikerei

Sebelumnya, juga Bupati Agam Andri Warman yang duluan telah menjajal arus deras Batang Agam ini. Menegangkan tapi asyik. Bupati Agam Andri Warman tertantang menjajal lebih pada apresiasi kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Salingka Alam Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso, yang mampu mengembangkan potensi wisata.

Apresiasi itu disampaikan Andri Warman, usai melakukan uji coba olahraga minat khusus arung jeram di Nagari Padang Tarok yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Salingka Alam, diketuai Rori Maiyuda Putra Dt. Tiko Basa, Jumat (3/9/2021) pekan lalu.

Andri Warman melakukan uji coba trek arung jeram di Nagari Padang Tarok yang melintasi aliran Batang Agam tersebut, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria, Kepala Badan Kesbangpol Agam, Yunilson didampingi Wali Nagari Padang Tarok, Hendri Dt. Bandaro Pucuak, pemuka masyarakat dan penggiat olahraga arung jeram.

“Keindahan potensi wisata olahraga minat arung jeram di Nagari Padang Tarok yang memanfaatkan potensi sungai Batang Agam, benar-benar luar biasa. Terdapat sejumlah tantangan yang mengasyikkan di sana. Ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak, apalagi aksesnya cukup mendukung,” ujar Andri Warman.

Ia menyebutkan, berkembangnya beragam potensi wisata di setiap nagari, maka akan bisa  meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata, mudah-mudahan dengan adanya wisata olahraga minat arung jeram di Nagari Padang Tarok yang dikembangkan Pokdarwis Salingka Alam Padang Tarok Baso ini, bisa membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:  BLUD di RSUD Mentawai Disepakati Pemkab dan DPRD

Wali Nagari Padang Tarok, Hendri, mengatakan, saat ini Pemerintah Nagari Padang Tarok fokus pada pengembangan pariwisata yang ada di daerahnya. Salah satunya adalah pengembangan wisata arung jeram di Nagari Padang Tarok, dengan memanfaatkan aliran sungai Batang Agam di sana.

Pemerintah Nagari Padang Tarok bersama pemuka masyarakat memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program kerja Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam menggali beragam potensi wisata. Sebab, Padang Tarok memiliki beragam destinasi wisata alam yang dapat dikembangkan sebagai kampung wisata yang ramah berbasis kearifan lokal.

Tips Berarung Jeram dengan Aman

Arung jeram yang merupakan olahraga minat khusus, tentunya hanya bisa dijalani dengan baik oleh orang yang sudah pernah dan terbiasa memankannya. Untuk itu, bagi wisatawan yang belum pernah mencoba olahraga di air deras dan bergelombang acak ini, harus memahami sejumlah tips bermain arung jeram terlebih dahulu. Berikut tips yang Datiak.com kutip dari berbagai sumber:

  1. Mencari informasi tentang sungai yang akan dijadikan tempat berarung jerang sangatlah penting guna mengetahui medan yang akan dihadapi.
  2. Percayakan kegiatan arung jeram kepada pemandu yang terpercaya.
  3. Arung jeram atau rafting adalah olahraga yang akan menghabiskan tenaga dan energi. Jadi ada baiknya mengisi perut sebelum melakukan rafting.
  4. Sebelum berarung jeram, hendaknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sebab, banyak hal yang bisa saja terjadi selama berarung jeram. Misalnya, kita diharuskan melompat atau berenang. Makanya, guna menghindari cedera otot, disarankan melakukan pemanasan 10-15 menit sebelum bermain arung jeram.
  5. Arung jeram tergolong olahraga yang berbahaya. Jadi, faktor keamanan dan keselamatan harus benar-benar diperhatikan sebelum memutuskan bermain arung jeram.
  6. Mendengarkan dan memahami instruksi pemandu dengan benar, bagian yang paling penting agar arung jeram bisa berjalan dengan aman. Sehingga, kita tahu tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan disaat arung jeram berlangsung.
  7. Tidak panik atau tetap tenang adalah salah satu tips aman arung jeram. Sebab, kejadian yang sering terjadi pada saat melakukan arum jeram adalah perahu karet yang digunakan terbalik.
  8. Bercanda dan bersuka ria sah-sah saja dilakukan pada saat berwisata adrenalin atau pada saat arung jeram. Misalnya menggoda teman yang tidak bisa berenang dengan baik. Namun, dalam suasana senang tersebut, konsentrasi harus tetap fokus pada kemanan. (da.)
BACA JUGA:  Tarok City Bagus untuk Agrowisata Peternakan Lebah Madu

Temukan berita Agam hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan