Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Apel Kesiapsiagaan Bencana, Kapolres Mentawai Cek Menyeluruh

  • Bagikan
Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu’at, saat cek kesiapan personelnya jelang apel kesiapsiagaan bencana di Mapolres Mentawai, Selasa (10/11). (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Kabupaten Kepulauan Mentawai salah satu daerah yang rawan terdampak luas apabila terjadi bencana gempa disertai tsunami. Untuk itu, kesiapsiagaan harus terus dilakukan di sana. Hal disampaikan Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu’at, usai apel kesiapsiagaan bencana di Mapolres Mentawai, Selasa (10/11).

AKBP Mu’at menjelaskan bahwa apel kesiapsiagaan bencana penting dilakukan untuk melakukan cek secara berkala dan menyeluruh segala kesiapan. Baik dari sisi kesiapan personelnya ataupun sarana dan prasarana. Sebab, apel itu salah satu bagian penting dari mitigasi.

“Kita harus memahami bahwa urusan kebencanaan itu tanggungjawab bersama. Sebab, bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jadi, siapan harus mengedukasi masyarakat sebagai bentuk edukasi mitigasi,” hemat AKBP Mu’at.

Menurutnya, kesiapsiagaan terhadap bencana berbeda jauh dengan takut pada bencana. Artinya, apabila orang tidak memiliki kesiapsiagaan, mereka akan lebih ketakutan saat bencana itu terjadi. Sebab, orang-orang tanpa kesiapsiagaan otomatis tidak tahu apa-apa terkait evakuasi yang benar.

“Dalam hidup ini sikap waspada atau kesiapsiagaan itu penting dilakukan. Sebab, menjaga diri dan keluarga itu tanggung jawab utama kita. Soal ajal itu urusan Allah SWT. Jadi, sebagai makhluknya, kita wajib menjaga diri ini sebagai titipan paling berharga dari Sang Pencipta,” hematnya.

Untuk itu, AKBP Mu’at mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar semakin memperkuat solidaritas. Khususnya menyangkut kesiapsiagaan kebencanaan. Sehingga, saat bencana terjadi koordinasi berjalan dengan maksimal saat penanganan dampaknya.

“Kita juga harus melakukan berbagai upaya nyata untuk mencegah terjadinya bencana alam. Begitupun tindakan yang bersifat rohani juga harus ditingkatkan, seperti taat dalam beribadah kepada Allah SWT,” ajak AKBP Mu’at.

Dalam apel gabungan tersebut turut hadir Bupati Yudas Sabaggalet, Dandim 0319 Letkol Czi Bagus Mardyanto, Danlanal Letkol Laut Anis Munandar, Kalaksa BPBD Novriadi, Kakan SAR Akmal, Kepala SatpolPP Dul Sumarno, Kadishub Edi Sukarni, serta Kadiskes Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar. (da.)

  • Bagikan