Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

APB Desa Sidomakmur Tahun 2022 Disahkan, BLT Prioritas

Kepala Desa Sidomakmur, Sohib, saat memberikan sambutannya jelang penetapan APB Desa Sidomakmur Tahun 2022. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
464 pembaca

Mentawai | Datiak.com – APB Desa Sidomakmur Tahun 2022 telah disahkan pada Rabu (16/3), di Aula Kantor Desa Sisdomakmur, di Kecamatan Sipora Utara. Prioritas Anggaran Pendapatan  dan Belanja (APB) Desa Sidomakmur Tahun 2022, yaitu pemulihan ekonomi melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Ya, kita bersepakat untuk mengalokasikan 40 pesen APB Desa Sidomakmur Tahun 2022 ini untuk pemulihan ekonomi dengan penyaluran BLT,” ungkap Kepala Desa Sidomakmur, Sohib, ketika dihubungi, kemarin.

Nantinya, lanjut Sohib, BLT tersebut disalurkan kepada 130 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Sidomakmur. Masing-masing keluarga mendapat Rp 300 ribu setiap bulannya. “Jadi, dalam setahun ini, total BLT untuk masing-masing KPM di Desa Sidomakmur yaitu Rp 3,6 juta,” katanya.

Selain BLT, katanya dalam APB Desa Sidomakmur Tahun 2022 juga ditetapkan bantuan tekait ketahanan pangan desa. Yakni berupa bantuan ternak kambing dan babi. “Untuk ternak kambing dialokasikan anggarannya sebanyak 30 ekor. Sedangkan babi 23 ekor,” jelasnya.

Lalu di sektor pertanian, diakomodir dalam APB Desa Sidomakmur Tahun 2022 berupa bantuan bibit. Yakni bibit pinang sebanyak 70 ribu. Selain itu, juga dialokasikan untuk pembelian 15 unit tabung semprot untuk kelompok tani.

“Saya memiliki impian bagaimana masyarakat Desa Sidomakmur ini produktif. Baik di sektor peternakan ataupun pertanian. Semoga saja, bantuan ini bisa mewujudkan hal itu ke depannya,” harap Sohib.

Ia juga memaparkan kebutuhan lain yang dialokasikan dalam APB Desa Sidomakmur Tahun 2022. Di antaranya untuk infrastruktur desa, serta untuk insentif para guru taman kanak-kanak, guru sekolah minggu ataupun tenaga pengajar TPA yang ada di sana.

Penetapan APB Desa Sidomakmur Tahun 2022 turut dihadiri oleh Babhinsa Sipora, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), PKK, tokoh masyarakat serta pemuda Desa Sidomakmur. (da.)

Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

Avatar photo