Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Antisipasi Penyebaran Covid-19, ASN Mentawai Wajib Swab

  • Bagikan
antisipasi penyebaran Covid-19 di Mentawai
Sekdakab Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan, yang mengatakan bahwa antisipasi penyebaran Covid-19 dimulai dari kalangan ASN. (Foto: Istimewa)

Mentawai | Datiak.com – Guna antisipasi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai, pasca lebaran Idul Fitri, Pemkab Mentawai mewajibkan seluruh ASN dan tenaga kontrak daerah atau honorer melalukan swab test. Hal ini, tertera dalam surat yang disampaikan Sekretaris Daerah Nomor 800/489/BKPSDM-2021 tanggal 17 Mei 2021.

Surat tersebut, ditujukan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kepulauan Mentawai. Dimana, pelaksanaan swab tes itu diselenggarakan di lingkungan Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai setiap hari Senin, Rabu dan Jumat pukul 09.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib.

Sekdakab Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pelaksanaan swab tes tersebut, semata-mata bertujuan untuk melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA:  Rusunawa di Kampung Muaro Pessel Tidak Layak

“Dengan dilaksanakan swab tes, kita akan mudah untuk antisipasi penyebaran Covid-19 sedini mungkin. Hal ini, juga terutama bagi ASN atau tenaga kontrak yang melaksanakan lebaran di luar Mentawai. Semoga tidak ada yang menolak untuk diswab,” ungkapnya.

Nantinya, kata dia, setiap OPD wajib melaporkan kembali ASN dan tenaga kontrak di lingkungan yang dipimpin, bahwa bawahan di lingkungan sudah melaksanakan swab tes. Sekali lagi, dia menyebutkan, hal ini semata-mata untuk antisipasi penyebaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Cara Terbaik

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan untuk pelaksanaan swab test di lingkungan Pemkab Mentawai. Untuk di Tuapejat sendiri, dapat di kantor di dinas kesehatan dan Puskesmas Mapadegat.

BACA JUGA:  Pasien Positif Corona Bersemangat Dimotivasi Ali Mukhni

“Kemudian, untuk di kecamatan-kecamatan juga siap dilaksanakan di puskesmas-puskesmas yang ada. Seperti, Puskesmas Sioban, Siberut, Sikakap dan Sikabaluan,” ungkapnya.

Terkait data perkembangan Covid-19 di Kepulauan Mentawai, dia menyebutkan sampai saat ini jumlah yang terkonfirmasi sebanyak 687 orang. Sembuh sebanyak 642 orang. Isolasi Faskes sebanyak 3 orang, isolasi mandiri di Mentawai sebanyak 28 orang, isolasi mandiri di Padang sebanyak 13 orang. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan