Ali Mukhni Salurkan Beasiswa Hafiz di Padangpariaman

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni salurkan beasiswa untuk para hafiz di Padangpariaman. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman Ali Mukhni salurkan beasiswa untuk 198 orang hafiz. Bantuan yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padangpariaman tersebut, diserahkan di Masjid Raya Padangpariaman, kemarin (16/9).

Ali Mukhni salurkan beasiswa itu, agar para hafiz semakin termotivasi. Meskipun, menurutnya menghafal sudah tertanam sebagai kewajiban dalam hati para hafiz tersebut. Selain itu, memberikan perhatian kepada hafiz baginya sebuah kewajiban. Sebab, merekalah harapan umat Islam untuk menjaga keutuhan isi Al Quran.

“Hafiz ini pelindung kitab suci kita. Tidak ada yang bisa berbuat buruk seperti menukar isi Al Quran, selagi ada hafiz di muka bumi ini,” hemat bupati peraih penghargaan peduli pendidikan agama itu.

BACA JUGA:  Bank Nagari Lubukalung kembali Salurkan CSR Pendidikan

Untuk itu, imbuh Ali Mukhni, dirinya terus bertekad agar para hafiz diberi perhatian serius. Terlebih hafiz-hafiz dari keluarga pra sejahtera. Begitupun terhadap kalangan lainnya yang aktif di bidang agama, seperti ulama, mubaligh, da’i, khatib dan tuanku.

“Sebenarnya, membantu itu sudah menjadi kewajiban kita. Sebab tiga amalan yang tidak pernah putus, yaitu sadakah jariah, doa anak yang soleh serta ilmu bermanfaat,” hematnya mengutip salah satu hadist.

Ia turut mengucapkan terima kasih kepada para guru tahfiz dan TPA, karena begitu gigih melahirkan generasi penghafal Al Quran di Ranah Saiyo Sakato tersebut. “Bapak/ibu yang mengajarkan Al Quran kepada anak-anak kita, insya Allah telah menciptakan ladang pahala yang tidak akan putus serta dapat menjadi bekal di akhirat nantinya,” ucap Ali Mukhni.

BACA JUGA:  Tanah Stadion Utama Sumbar Dihibahkan ke UNP

Begitupun Baznas Padangpariaman, menurutnya akan mendapat balasan setimpal dari Allah SWT, karena sangat memperhatikan pendidikan generasi muda di Padangpariaman. Mulai dari yang belajar di sekolah umum, perguruan tinggi, pesantren dan rumah tahfiz hingga para generasi di TPA.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh muzakki yang menyalurkan zakatnya di Baznas Padangpariaman. Saya berharap kewajiban dalam amalan ini terus kita laksanakan,” ajaknya.

Peduli Pendidikan

Sedangkan Ketua Baznas Padangpariaman, Rahmat Tuanku Mudo mengatakan, pemberian beasiswa pendidikan sudah menjadi program rutin Baznas Padangpariaman. Sebab, output-nya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini.

“Hari ini (kemarin) kita salurkan beasiswa untuk 198 hafiz di Padangpariaman. Nilainya bervariasi, yaitu Rp 150 ribu untuk 160 hafiz yang hafalannya 1-4 juz, Rp 200 ribu untuk 33 orang 5-9 juz, Rp 500 ribu untuk 3 orang hafiz 10-19 juz, Rp 750 ribu untuk 1 orang hafiz 20-29 juz, dan Rp 1 juta untuk 1 orang hafiz 30 juz,” paparnya.

BACA JUGA:  MAN Insan Cendekia Padangpariaman jadi Tuan Rumah KSNP

Dalam kesempatan itu, Rahmat mengajak para muzakki di ranah ataupun rantau agar menyalurkan zakatnya ke Baznas Padangpariaman. Sehingga, mereka bisa terus mendukung mencerdaskan Padangpariaman. (da.)

  • Bagikan