Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Ali Mukhni Lebih Diminati Jadi Gubernur Ketimbang Wagub

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni, mengajak agar gerakan peduli di tengah pandemi berlangsung dalam skala besar untuk meringankan beban masyarakat. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman – Nuansa pemilihan kepala daerah, gubernur ataupun bupati/wali kota di Sumatera Barat (Sumbar), mulai dibangkitkan kembali salah satu media cetak di Sumbar, yakni koran Padang Ekspres. Caranya dengan menyediakan polling yang diisi para pelanggannya.

Polling perdananya yang diterbitkan Senin (15/6), cukup mengejut. Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, menempati peringkat teratas sebagai calon gubernur (cagub) Sumbar. Ia memperoleh 32 persen suara pembaca pecinta koran yang biasa disebut Padek tersebut.

Bahkan, perolehan suara Ali Mukhni cukup jauh di atas cagub peraih suara tertinggi kedua dalam daftar survei koran terbesar di Sumbar tersebut. Yakni Ketua DPD Partai Demokrat Mulyadi yang meraup suara 27, 9 persen. Terlebih dari peraih polling tertinggi ketiga yaitu mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal, yang meraih 24,8 persen suara.

Nama lain yang muncul dalam survei tersebut yaitu Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Riza berhasil mendapat 16,3 persen suara. Sayang, Nasrul belum mendapat sedikitpun dukungan polling.

Tampaknya, pembaca Padek belum ada yang mengirim pilihan nama Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dan mantan Bupati Kabupaten Solok Syamsu Rahim. Sehingga, kedua tokoh yang juga dikabarkan bakal maju di pilgub nanti itu, tidak masuk dalam daftar survei tersebut.

Piaman Mendominasi

Di samping survei cagub, Padek juga membuat daftar survei calon wakil gubernur (cawagub) Sumbar. Peringkat teratasnya juga ditempati tokoh dari Piaman, yakni Wali Kota Pariaman, Genius Umar. Ia tercatat meraup 36 persen suara. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar, yang memperoleh 23,4 persen.

Lebih mengejutkan lagi, dalam daftar survei cawagub itu, nama Ali Mukhni juga muncul. Hanya saja, raihan suaranya sedikit di bawah Fauzi, yakni 22,5 persen. Hal itu tampaknya bisa menjadi tolok ukur bahwa Ali Mukhni lebih diminati sebagai gubernur Sumbar.

“Alhamdulillah, hasil polling Padek perdana ini menjadi cambukan untuk saya agar lebih baik lagi mengemban amanah masyarakat,” respon singkat Ali Mukhni ketika ditanya soal hasil polling itu.

Setelah Ali Mukhni, di deretan keempat cawagub Sumbar pilihan pembaca Padek yaitu Bupati Kabupaten Solok, Gusmal. Ia meraih suara sebanyak 18,1 persen. Sedangkan nama lainnya yang digadang-gadang sebagai cawagub, belum mendapat dukungan suara dalam daftar survei itu. Yakni Bupati Agam Indra Catri, Audy Joinaldy (pengusaha), mantan Bupati Tanahdatar Shadiq Pasadigoe, dan Febby Dt Bangso (politisi PKB). (da.)

BACA JUGA:  Partai Golkar dan Universitas Tamansiswa Padang Bekerja Sama
  • Bagikan