Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Ali Mukhni Bersyukur dan Terharu Mendapat WTP Ketujuh

  • Bagikan
Ali Mukhni dan Arwinsyah didampingi Jonpriadi dan sejumlah kepala OPD memperlihatkan dokumen LHP atas LKPD 2019 Padangpariaman yang mendapat opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumbar. (Foto: Humas)

Padangpariaman – Pemerintah Kabupaten Padangpariaman kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Padangpariaman. Tahun 2020 ini, WTP yang diperolehnya dari hasil pemeriksaan LKPD Tahun 2019. Capaian WTP ini, tercatat sudah yang ketujuh kalinya diraih Pemkab Padangpariaman, dalam rentang dua periode kepemimpinan Ali Mukhni.

WTP pertamanya diraih tahun 2011. Tepatnya setahun kepemimpinan Ali Mukhni pada periode pertama. Namun, sempat terputus di tahun 2012. Kondisi itu membuat Ali Mukhni berbenah total dengan seluruh jajarannya, sehingga opini WTP kembali diraihnya di tahun 2013.

Setelah pencapaian itu, Ali Mukhni selalu mengarahkan dan mengevaluasi secara berkala kinerja jajaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam pengelolaan dan realisasi anggaran. Usaha tersebut berbuah manis, sehingga opini WTP kembali diraih Pemkab Padangpariaman tahun 2013. Bahkan, prestasi itu mampu di pertahankannya hingga tahun 2018.

Namun, kondisi sulit kembali dialaminya tahun 2019. Opini WTP yang telah dipertahankannya lima tahun berturut pun kembali lepas. Hal itu tentu membuat Ali Mukhni yang didampingi Suhatri Bur di periode keduanya, harus berpikir keras. Ia bertekad opini WTP harus kembali dicapai Padangpariaman tahun 2020.

Evaluasi lebih maksimal pun dilakukannya. Mulai dari penyegaran jajarannya di OPD, efisiensi dan rasionalisasi anggaran, hingga mempertajam pengawasan realisasi dan pengelolaan anggaran daerah. Usahan itu lagi-lagi memperoleh hasil baik.

Kado Akhir Jabatan

Tepat Jumat (26/6), Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar, Yusnadewi mengumumkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) via telekonferensi. Pemkab Padangpariaman dinyatakan kembali meraih WTP atas LKPD Tahun 2019.

Ali Mukhni yang mengikuti telekonferensi itu di ruang kerjanya, langsung berucap syukur. Kegembiraan juga terpancar dari wajah Ketua DPRD Padangpariaman Arwinsyah, Sekkab Padangpariaman Jonpriadi, serta sejumlah kepala OPD yang hadir di sana. Di antaranya Inspektur Hendra Aswara, Kepala BPKD Armeyn Rangkuti, Kadis PUPR Deni Irwan, dan Kepala Bapelitbangda Ali Amran.

“Alhamdulillah, WTP ketujuh terwujud. Terima kasih saya sampaikan dari lubuk hati paling dalam atas kerja sama seluruh pihak di OPD dan DPRD Padangpariaman. Begitupun pembinaan rekan-rekan BPK,” ujar Ali Mukhni dengan wajah yang tampak terharu.

Ali Mukhni mengatakan, capaian WTP tahun ini buah motivasi pihaknya karena sempat kehilangan WTP tahun lalu atas LHP tahun 2018. Sehingga, dirinya dan jajaran beserta DPRD Padangpariaman, melakukan evaluasi melalui koordinasi maksimal dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik, jelas serta transparan.

“Insya Allah, kami akan menindaklanjuti segala saran dan usul yang ibu berikan,” ujar Ali Mukhni kepada Yusnadewi via telekonferensi tersebut.

Ali Mukhni mengakui bahwa mencapai WTP tidaklah mudah. Sebab membutuhkan kerja telaten dan koordinasi maksimal dalam pengelolaan anggaran. Untuk itu, Ali Mukhni berharap capaian tersebut dijadikan bahan motivasi untuk terus lebih bagi.

Ia juga meminta pengalaman sewaktu tidak mencapai WTP tetap dijadikan catatan penting, agar bisa mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang kembali ke depannya. ”Capaian WTP ini tentunya berkat usaha bersama dan perjuangan keras. Jadi, kita ingin ini terus dipertahankan ke depannya,” harap Ali Mukhni.

Ali Mukhni juga menyampaikan rasa bahagianya, karena capaian WTP di tahun 2020 menjadi kado istimewa untuk masyarakat Padangpariaman, di tahun terakhir periode keduanya. “Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Padangpariaman yang telah mempercayai saya selama 2 periode, dan memberikan dukungan kepada pemkab hingga saat ini. WTP ini juga prestasi masyarakat Padangpariaman,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan