Ada Warga Padang Meninggal di Jalan

  • Bagikan
Meninggal di jalan, petugas menyemprotkan disinfektan ke jenazah Yohanes Tanidjaya sebelum dievakuasi ke atas ambulance. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Warga yang melintas di Jalan Pulau Karam, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat dikejutkan Selasa (7/4) sekitar pukul 18.00 WIB. Pasalnya, seorang pria meninggal di sudut trotoar dekat jalan tersebut. Tepatnya, di depan SMPN 4 Padang.

Warga yang melihat pria keturunan Tiong Hoa bernama Yohanes Tanidjaya tersebut, langsung melapor kepada pihak kepolisian di Polsek Padang Barat. Mendapat laporan, tim Polsek Padang Barat menuju lokasi dengan dipimpin Pjs Kapolsek Padang Barat, Iptu Nirdas Ali.

”Kita mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada warga yang meninggal di pinggir jalan, tepatnya di dekat SMPN 4 Padang,” ujar Nirdas Ali.

Hanya saja, untuk penanganan jenazah pria berusia sekitar 66 tahun, pihaknya tetap merujuk pada Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan Covid-19 atau virus corona.

BACA JUGA:  Pandemi Corona di Sumbar Semakin Mengkhawatirkan

”Kondisi sekarang membuat kita harus waspada. Meskipun saat ini tidak diketahui apakah benar mayat tersebut korban virus corona atau tidak,” ujar Nirdas Ali.

Begitupun dengan proses evakuasi jenazah, pihaknya meminta petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Hal itu dilakukan juga sesuai SOP penanganan Covid-19.

”Kita tidak bisa menduga-duga ya. Karena sekarang sedang pandemi corona, makanya kita harus lakukan prosedur sesuai itu. Untuk jenazah ini, belum diketahui penyebabnya, apakah dia terkena corona atau tidak,” ucap Nirdas Ali.

Jelang evakuasi jenazah Yohanes ke atas ambulance, petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Padang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang, serta Polsek Padang Barat tampak menyemprotkan desinfektan terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Memaknai Gelar Datuak di Minangkabau

Mulai dari lantai trotoar, kursi, pohon, hingga jenazah Yohanes disemprot menggunakan cairan yang dipercaya dapat menetralisir virus tersebut. Setelah proses desinfektan tersebut, petugas memasukkan jenazah Yohanes ke dalam kantong jenazah.

Untuk proses penyelidikan lebih lanjut atas dugaan Covid-19, petugas tersebut pun mengangkut jenaza diangkut Yohanes untuk diperiksa di RSUP DR. M. Djamil Padang.

Informasi yang dihimpun Datiak.com, Yohanes Tanidjaya memang diketahui adalah warga yang tinggal di depan SMP tersebut. Ia diketahui memang kerap duduk sore hari di kursi yang terdapat di depan SMPN 4 Padang itu. Pria tua malang tersebut juga dikabarkan mengalami gangguan jiwa sekitar 20 tahun silam. (da.)

  • Bagikan