Iklan Melayang
Iklan Melayang

ACT dan MRI Bantu Surau Al Mu’min yang Diacak-acak

  • Bagikan
Wali Nagari Parit Malintang didampingi Wali Korong Padang Baru serta perwakilan ACT dan MRI bersama anak-anak yang rutin belajar mengaji di Surau Al Mu'min memegang Al Quran baru yang diberikan ACT dan MRI. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) memberikan bantuan Al Quran untuk Surau Al Mu’min. Hal itu lantaran ACT dan MRI prihatin karena dominan Al Quran di surau itu telah rusak.

Seperti diketahui, surau yang berada di Korong Padang Baru, Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung itu, sempat mengebohkan publik karena diacak-acak orang tak dikenal. Pengrusakan isi surau tersebut bahkan memunculkan sejumlah spekulasi di masyarakat. Di antaranya karena ulah orang tidak waras (orang gila) yang berkeliaran, serta tidak diperhatikannya surau itu selama ini.

banner 336x280

Wali Nagari Paritmalintang, Syamsuardi, yang menyikapi isu miring yang kini berkembang di media sosial tersebut, mengatakan bahwa tidak benar seluruh spekulasi tersebut. Terlebih tuduhan bahwa Surau Al Mu’min “mati” karena tidak dipergunakan.

“Tidak benar apabila salah satu surau kami itu mengalami kejadian tersebut karena tidak dijaga. Surau itu memiliki garin dan rutin digunakan untuk anak-anak sekitarnya belajar membaca Al Quran,” ujar Syamsuardi usai menerima bantuan Al Quran dari ACT dan MRI, Senin (21/12).

Untuk itu, Syamsuardi berharap agar pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, terlebih tidak mengetahui tentang surau tersebut, sebaiknya tidak membentuk pandangan yang meresahkan masyarakat sekitar surau.

“Lebih elok sekarang kita tunggu penyelidikan oleh polisi. Kalau berprasangka malah bisa membuat kondisi semakin keruh dan tak terarah,” ajak teman dekat Presiden Indonesia Lawyers Club, Karni Ilyas tersebut.

Syamsuardi sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu Surau Al Mu’min, pasca insiden yang membuat isi surau berantakan dan rusak. Di antaranya Ikatan Alumni SMAN 1 Padangpanjang, serta ACT dan MRI.

“Semoga bantuan Al Quran ini dibalas pahala berlimpah oleh Allah SWT,” pungkas Syamsuardi yang didampingi Sekretaris Nagari Parit Malintang, Satriandy, serta Wali Korong Padang Baru, Ikhsan Ul Amri.

Pembangkit Semangat

Sedangkan pihak ACT dan MRI yang telah memberikan bantuan Al Quran baru untuk Surau Al Mu’min, berharap bantuan tersebut bisa menjadi pembangkit semangat jemaah dan anak-anak membaca Al Quran di sana. “Bantuan yang kami serahkan hari ini, bagian dari bantuan 15 ribu Al Quran untuk Sumbar,” ujar Amelia, selaku perwakilan ACT Sumbar.

“Untuk wilayah Piaman, kami sudah serahkan bantuan di 5 titik. Kami mendatangi dan mengarahkan sejumlah bantuan ke Surau Al Mu’min ini, memang karena mendapat informasi terkait musibah yang terjadi pekan lalu,” pungkas Amelia.

Sedangkan perwakilan MRI, Afrizondi, berharap agar bantuan dari ACT dan MRI dapat memulihkan kembali aktivitas belajar Al Quran di Surau Al Mu’min yang sempat terganggu.

“Di balik tiap musibah pasti ada hikmah. Nyatanya dengan apa yang dialami oleh surau kita, ada bantuan dari saudara-saudara kita,” kata Afrizondi yang juga Kabid Linjamsos DinsosP3A Padangpariaman.

Keterangan Polisi

Sedangkan Kasubbag Humas Polres Padangpariaman, AKP Emel Sangra, mengatakan bahwa insiden Surau Al Mu’min yang sempat membuat gaduh publik, memang sudah dilaporkan langsung ke Polres Padangpariaman di hari kejadian, yakni pada Senin (14/12).

“Sampai sekarang kejadian itu masih dalam penyelidikan kita,” kata AKP Emel yang dihubungi via WhatsApp pribadinya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan