Minggu, 28 April 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Hari Ini, Info Terbaru dan Terkini

Tempat Wisata di Kalimantan Timur: 15 Pesona Memukau bakal Ibukota RI

Pulau Derawan, salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur dengan kemegahan biota laut yang tidak ada duanya. (Foto: Indonesia Trip)
7379 pembaca

Tempat wisata di Kalimantan Timur sangat banyak yang menarik. Mulai dari wisata alam, bahari serta buatan manusia, pasti mengagumkan Anda yang mengunjunginya. Baik bersama sahabat, terlebih keluarga tercinta. Apa saja objek wisata di Kalimantan Timur itu?

Tempat wisata di Kalimantan Timur sangat menarik untuk dibahas. Mengingat, daerah yang memiliki kekayaan berlimpah ini, ternyata juga banyak objek wisata yang memukau. Bahkan, keindahan beberapa objeknya di luar akal sehat. Pasalnya, banyak tempat wisata di sana yang masih sangat alami.

Keindahan tempat wisata di Kalimantan Timur terbentang di kawasan pesisir, pebukitan, sungai serta danaunya. Ada juga wisata yang diciptakan masyarakat di sana. Berikut Datiak.com rangkum sejumlah objek wisata di Kalimantan Timur dari berbagai sumber.

1. Danau Jempang

Tujuan wisata yang lumayan menarik perhatian ini ada di Kutai Barat serta menghampar di sepanjang Sungai Mahakam. Tempat wisata di Kalimantan Timur ini diklaim sebagai danau paling besar dari 76 danau yang ada di sana. Kedalamannya lebih kurang 7 hingga sampai 8 meter.

Anda bisa nikmati kekayaan alam, seperti flora serta fauna yang ada di Danau Jempang ini. Daya magnet dari danau ini merupakan keringnya danau sampai seperti gurun pasir tiada setetes air tiap lima tahun sekali. Danau ini berlokasi di Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang, Kutai Barat.

2. Batu Dinding

Batu dinding ini membubung tinggi membatasi Sungai Mahakam Ulu sejauh 800 meter, dengan tinggi di antara 100 sampai 200 meter. Kelompok batu dinding ini makin memukau sebab warna putihnya serta spot terunggul untuk berfoto ria.

Kemegahan alam yang dijajakan sangat luar biasa. Sehingga, mampu menganakemaskan wisatawan, karena alam yang asri dengan jejeran hutan. Lalu adanya tanaman anggrek liar di sepanjang perjalanan, dan rumah yang kental dengan budaya masyarakat lokal.

Objek wisata di Kalimantan Timur ini berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

3. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman rekreasi yang ada di Samarinda ini menjadi salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur yang mesti didatangi. Ada beragam hal yang bisa Anda cicipi, seperti tiruan hutan komplet dengan rotan sebagai model kayu ciri khas Kalimantan.

Di samping itu, kolam pemancingan, pendopo untuk melepaskan penat, serta kafetaria. Untuk banyak pencinta camping, Anda bisa membangun tenda di sini serta masih ditambahkan dengan layanan outbond serta fasilitas lain, seperti flying fox, waterboom, serta jala panjat.

Hasnul Uncu
Penulis