9 Kampung di Pessel Ditetapkan Berstatus Zona Merah

  • Bagikan
9 Kampung di Pessel Ditetapkan Berstatus Zona Merah
Ilustrasi kawasan yang dinyatakan sebagai zona merah penyebaran Covid-19. (Gambar: Istimewa)

Pesisir Selatan | Datiak.com – Sebanyak 9 kampung Pessel (Pesisir Selatan) ditetapkan berstatus zona merah oleh Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Pessel. Ini menandakan kerja keras yang dilakukan Pemkab Pessel untuk pencegahan penularan Covid-19, ternyata belum membuahkan hasil maksimal.

Hal ini disampaikan Sekretaris Satgas Covid-19 Pesisir Selatan, Dailipal, Selasa (13/7/2021). Saat ini, pihaknya sudah melakukan pemetaan zona penyebaran Covid-19 berbasis kampung.

Dari 480 kampung yang ada dan tersebar di 182 nagari pada 15 kecamatan di Pessel, sebanyak 9 kampung di Pessel telah dinyatakan masuk pada zona merah Covid-19.

“Kita sudah tetapkan zonasi berdasarkan kampung. Data terakhir yang kita himpun, sebanyak sembilan kampung telah masuk ke zona merah penyebaran Covid-19,” katanya.

BACA JUGA:  Kapal Antarpulau di Mentawai Beroperasi Minggu Depan
Daftar 9 Kampung di Pessel

9 kampung di Pessel yang tercatat sebagai zona merah tersebut, yaitu Kampung Gurunpanjang, Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan dengan total 13 kasus, Kampung Tebingtinggi, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang sebanyak 7 kasus, Kampung Lubuak Nyiur, Nagari IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas, sebanyak 10 kasus.

Selanjutnya, lima kampung di empat nagari di Kecamatan IV Jurai juga masuk ke zona merah penyebaran Covid-19. Kecamatan ini, merupakan area yang paling banyak terpapar Covid-19. Rinciannya, di Kampung Painan Utara 8 kasus, Bukitputus 12 kasus, dan Kampung Laban Salido sebanyak 6 kasus.

Kemudian, di Kampung Painan Selatan 9 kasus dan Painan Timur 11 kasus. Terakhir, Kampung Mekar Sari Mulyo, Nagari Sungai Pulai, Kecamatan Silaut sebanyak 6 kasus. Penetapan zona merah terhadap 9 kampung di Pessel tersebut berdasarkan jumlah rumah warga yang terpapar Covid-19.

BACA JUGA:  Pra TMMD ke-110 di Mentawai Dikebut, Personel Kodim Kerja Sigap

“Jika kasus terpapar Covid-19 di suatu kampung terdapat satu hingga dua rumah, maka itu dikategorikan zona kuning. Jika, kasusnya 3 hingga 5 rumah, itu adalah zona oranye. Namun, untuk jumlah kasus lebih dari lima rumah, itu sudah masuk ke zona merah,” jelasnya.

Dia menyebutkan, dari total 480 kampung di Pessel, selain terdapat 9 kampung di Pessel berstatus zona merah, juga dirincikan sebanyak 12 kampung berada dalam zona orange, 56 kampung dalam zona kuning dan 403 kampung masih berada di zona hijau.

Untuk menghindari terjadinya penambahan zona merah semakin meluas, Dailipal meminta tim Satgas Nagari supaya dapat berperan maksimal dalam melakukan penanganan Covid-19.

“Saya imbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan, dan tidak bepergian ke luar daerah yang masuk pada zona merah. Bagi yang belum vaksin, ayo ikut vaksin,” ajaknya. (da.)


BACA JUGA:  Apa Pentingnya Pemilihan Duta Genre di Padangpariaman?

Temukan berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan