Selasa, 20 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

9 Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang Dilantik Hari Ini, Siapa Saja Itu?

Komisioner Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang, Arsyul Jufri, Mhd Ivand Pranatha, dan Mila Septiani, saat meneliti berkas salah seorang peserta yang mendaftar dalam seleksi Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang. (Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang for DatiakFoto)
906 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Sebanyak 9 Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang bakal dilantik hari ini (5/2/2023). Mereka adalah Dewi Fitria Anggraini, Andriani A, Yoga Primayadi, Ade Putra, Ainun Najah, Asnawir Purnama, Henni Wiryana, Daflen, dan Winda Afnita.

Ketua Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang, Arsyul Jufri, menjelaskan bahwa 9 Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang yang bakal dilantik tersebut, telah lulus seluruh tahapan seleksi Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD) di Kecamatan Lubuak Aluang.

“9 Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang ini berasal dan akan bertugas di 9 nagari di Kecamatan Lubuak Aluang. Jadi, setiap nagari akan ada 1 anggota PKD,” ujar Arsyul, Sabtu (4/2/2023).
9 Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang Dilantik Hari Ini Siapa Saja
Komisioner Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang, Arsyul Jufri, Mhd Ivand Pranatha, dan Mila Septiani, saat meneliti berkas salah seorang peserta yang mendaftar dalam seleksi Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang. (Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang for DatiakFoto)

Sebagaimana diketahui, sambungnya, pengumuman pendaftaran Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang berlansung sejak 9-13 Januari 2023. Lalu, pendaftaran dan penerimaan berkas para calon anggota PKD tersebut mulai 14-19 Januari 2023. Hasilnya, sebanyak 54 orang yang mendaftar sebagai Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang.

“Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Alung yang mendaftar itu 10 orang dari Nagari Lubuak Aluang, 8 dari Pungguang Kasiak Lubuak Aluang, 4 dari Pasie Laweh Lubuak Aluang, 7 dari Aie Tajun Lubuak Aluang, 8 dari Sikabu Lubuak Aluang, 2 dari Singguliang Lubuak Aluang, 6 dari Sungai Abang Lubuak Aluang, 3 dari Salibutan Lubuak Aluang, dan 6 orang dari Nagari Balah Hilia Lubuak Aluang,” paparnya.

Dengan demikian, pihaknya di Kecamatan Lubuak Aluang tak lagi membuka perpanjangan pendaftaran Calon Anggota PKD, lantaran kuota telah memenuhi 2 kali kebutuhan. Sehingga, setelah penelitian berkas pendaftaran, Komisioner Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang langsung melakukan rapat pleno, untuk menentukan peserta yang lulus seleksi administrasi.

9 Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang Dilantik Hari Ini Siapa

“Dari hasil penelitian berkas, dalam sidang plano ditetapkan 51 Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang yang lulus seleksi administrasi,” kata Arsyul yang didampingi Kordiv Penanganan Pelanggara dan Penyelesaian Sengketa (PPPS), Mhd Ivand Pranatha, serta Kordiv Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Mila Septiani.

Hanya saja, lanjut Arsyul, dari 51 peserta yang lulus seleksi administrasi tersebut, cuma 43 orang yang mengikuti tes wawancara. Artinya, 8 orang Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang yang tidak ikut tes wawancara, dinyatakan gugur.

“Setelah tes wawancara, Komisioner Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang melakukan plano penetapan 9 Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang yang dinyatakan lulus,” ucapnya.

9 Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang Dilantik Hari Ini

Katanya, setelah dilakukan pengumuman hasil seleksi PKD Kecamatan Lubuak Aluang tersebut, tidak ada tanggapan yang disampaikan masyarakat ke Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang. Sehingga, pihaknya lanjut pada tahapan pelantikan para peserta yang lulus seleksi PKD itu.

“Insya Allah, pelantikan 9 Calon Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang ini akan dilaksanakan di Gedung KPNG Lubuak Aluang, besok (5/2/2023),” ungkap Arsyul yang juga Kordiv Sdmodatin Panwaslu Kecamatan Lubuak Aluang.

Arsyul juga mengemukakan harapannya, setelah dilantik Anggota PKD Kecamatan Lubuak Aluang haruslah menjalankan tugas secara profesional dengan selalu menjaga integritas. Pasalnya, mereka menjadi ujung tombak Bawaslu RI, dalam menyukseskan dan menjadikan Pemilu Serentak 2024 berkualitas. (da.)