Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

8 Jenis Gorengan yang Berbahaya bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Ilustrasi pedagang gorengan. (Foto: Ist)
833 pembaca
1. Kandungan Lemak Jenuh

Gorengan cenderung kaya akan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, hipertensi, dan masalah kesehatan lainnya.

2. Penyumbatan Pembuluh Darah

Minyak yang digunakan dalam penggorengan dapat berubah menjadi lemak trans dan asam lemak trans yang tidak sehat saat dipanaskan berulang kali. Lemak trans dapat menyebabkan perdarahan plak dalam pembuluh darah, meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah dan gangguan sirkulasi.

3. Risiko Obesitas

Gorengan cenderung memiliki nilai kalori yang tinggi karena penyerapan minyak selama proses penggorengan. Konsumsi kalori yang berlebihan dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan risiko obesitas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

4. Masalah Pencernaan

Bahaya makan gorengan bagi kesehatan berikutnya, lantaran gorengan sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Jadi, memakan gorengan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung, mulas, dan konstipasi.

5. Penyakit Metabolik

Berikutnya, bahaya makan gorengan bagi kesehatan karena dapat menyebabkan resistensi insulin dan gangguan metabolisme. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2.

6. Risiko Kanker

Penggorengan pada suhu tinggi dapat menyebabkan terbentuknya senyawa kimia berbahaya, termasuk senyawa karsinogenik seperti akrolein dan aldehida. Paparan jangka panjang terhadap senyawa-senyawa ini dapat meningkatkan risiko kanker.

7. Masalah Kulit

Terakhir, bahaya makan gorengan bagi kesehatan lantaran kandungan lemak trans dan lemak jenuh dalam gorengan, dapat berkontribusi pada peradangan dalam tubuh. Ini akan mempengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan kulit kusam.

Tips Mengurangi Makan Gorengan

8 jenis gorengan yang berbahaya bagi kesehatan yang3

Jika Anda ingin terhindar dari bahaya makan gorengan bagi kesehatan, Anda mesti belajar untuk mengurangi mengonsumsinya. Apabila itu dirasa sulit, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Pilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, atau makanan ringan rendah lemak.

  • Membuat gorengan sendiri akan lebih aman untuk kesehatan, karena Anda dapat memilih minyak yang sehat, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

  • Jika Anda tidak ingin melepaskan gorengan sepenuhnya, batasi porsi yang Anda konsumsi untuk mengurangi asupan kalori dan lemak.

  • Cari alternatif camilan yang lebih sehat dan bervariasi, seperti keripik sayuran panggang atau kacang panggang.

Kesimpulan

Mengenali ciri-ciri gorengan yang mengandung bahan plastik merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan dan menghindari konsumsi makanan yang berisiko. Saat membeli atau mengonsumsi gorengan, selalu perhatikan ciri-ciri di atas dan prioritaskan makanan yang segar, alami, dan bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti plastik.

Jadi, meskipun gorengan memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera, penting untuk mengidentifikasi bahaya-bahaya yang terkait dengan konsumsi berlebihan atau tidak terkendali dari makanan ini. Mengurangi konsumsi gorengan dan memilih camilan yang lebih sehat dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna tentang cara mengenali gorengan yang mungkin mengandung bahan plastik. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut. (*)


Baca berita dan artikel Kami di Google Berita.