Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

4 Kelompok Tani di Desa Sioban Diberi Mesin Potong Rumput

Kepala Desa Sioban, Artius (tengah), didampingi Sekretaris Desa Sioban, Bresman (kanan), saat penyaluran bantuan mesin potong rumput untuk kelompok tani. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
399 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Sebanyak 4 kelompok tani di Desa Sioban mendapatkan bantuan berupa mesin pemotong rumput merek Stihl. Bantuan dari Pemerintah Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan tersebut, sebanyak sebanyak 28 unit.

Kepala Desa Sioban Artius mengatakan, bantuan itu ditujukan untuk mendorong produktivitas 4 kelompok tani di Desa Sioban tersebut. Sebab, selain mesin pemotong rumput, Pemdes Sioban juga menyerahkan cairan pembasmi hama sebanyak 56 botol.

“Mesin potong rumput ini diserahkan kepada 4 kelompok tani di Desa Sioban, yang memiliki Surat Keterangan Terdaftar Kelompok (SKTK) dari Kesbangpol,” ucap Artius didampingi Sekretaris Desa Sioban, Bresman, di ruang kerjanya, Selasa (24/5).

Pembelian mesin pemotong rumput dan cairan pembasmi hama itu, lanjutnya, bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) tahap pertama. Yakni sebesar Rp 94,2 juta. Bantuan itu diserahkannya langsung kepada para ketua kelompok tani.

Selain mendorong masyarakat di bidang pertanian, Pemdes Sioban juga berencana membuka destinasi wisata. Yakni dengan melestarikan tempat bersejarah di sana, yaitu Goa Jepang. Lalu, membenahi Pantai Malabbaet yang sering di kunjungi oleh masyarakat setiap hari libur.

“Sebenarnya, tahun ini kita telah menganggarkan untuk pembukaan tempat wisata itu. Namun anggaran kita untuk tahun ini sangat minim, sehingga belum bisa terlaksana untuk tahun ini,” ungkap Artius.

“Kalau tidak ada kendala atau pengurangan anggaran Desa Sioban, tahun 2023 kita upayakan untuk membuka tempat destinasi wisata di Desa Sioban tersebut, ” tukasnya. (da.)


Avatar photo