32 PNS Padangpariaman Berlomba jadi Kafilah Nasional

  • Bagikan
Salah seorang calon kafilah PNS Padangpariaman tampil saat seleksi di Hall Kantor Bupati Padangpariaman, tadi pagi (10/3). (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – PNS Padangpariaman menjadi ujung tombak citra Pemerintah Kabupaten Padangpariaman. Untuk itu, PNS dituntut multikompetensi. Jadi, mereka tidak hanya bisa mengayomi masyarakat, tetapi juga menjadi teladan di lingkungan kehidupannya.

Contohnya di bidang keagamaan, PNS juga dipacu menjadi sosok kafilah. Bahkan, pemerintah turut menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), khusus bagi PNS tersebut. 2020 ini, menjadi tahun kelima pelaksanaan MTQ Nasional Kopri.

Di Padangpariaman, seleksi calon kafilah PNS digelar di Hall Kantor Bupati Padangpariaman, tadi pagi (10/3). Nantinya, kafilah PNS hasil seleksinya, bakal diutus mengikuti seleksi Provinsi Sumatra Barat, menuju MTQ Nasional V Kopri.

“Ini ajang untuk mengasah menggali atau mengasah kemampuan kita. Jadi, peserta harus semangat mengikuti seleksi ini,” ujar Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, jelang seleksi kafilah PNS tersebut.

Selain itu, menurutnya seleksi itu bisa menjadi momen evaluasi bagi PNS, sehingga menjadi lebih baik di waktu mendatang. Sebab, PNS baginya ujung tombak kesuksesan program pemerintah.

“PNS kunci keberhasilan program dan kegiatan pemerintah. Makanya, PNS yang memiliki kompetensi yang baik di segala bidang, lebih lancar interaksi dan sosialisasinya di masyarakat,” hemat Suhatri Bur.

Untuk itu, Suhatri Bur mengimbau agar PNS Padangpariaman termotivasi mengikuti beragam kompetisi yang mampu mengasah kompetensinya. Contohnya melalui perlombaan bidang keagamaan, olahraga, dan pelayanan publik.

“Dengan sering ikut lomba, otomatis kita memiliki banyak referensi dalam bekerja. Hasilnya tentu bisa diimplementasikan dengan cara berinovasi,” pungkasnya. 

Keahlian PNS Padangpariaman

Sedangkan Ketua Pelaksana Seleksi, Idarussalam mengatakan, seleksi itu dilakukan sesuai dengan jumlah cabang perlombaan. Yakni cabang Tartil Al Quran, Tilawah, Hafiz Al Quran, Dakwah Al Quran, Khat Al Quran, Adzan, Kutbah Jumat, Penulisan Artikel Al Quran, dan Lomba Doa.

Katanya, PNS yang mengikuti lomba berasal dari berbagai instansi yang ada di Pemkab Padangpariaman. “Peserta seleksi kita yang sudah mendaftar dari 9 cabang ini baru sebanyak 32 PNS kita,” ujarnya.

Peserta yang lulus seleksi itu, imbuh Idarussalam, bakal dikirim seleksi ke tingkat provinsi pada April mendatang. Artinya, di tingkat Sumbar mereka bakal berhadapan dengan PNS dari daerah lainnya di Ranah Minang ini.

“Jadi di tingkat provinsi seleksi akan lebih berat, karena kita sudah berhadapan dengan wakil kabupaten/kota lain yang dikirim ke Sumbar,” hematnya.

Untuk itu, Idarussalam berharap kepada PNS yang lulus seleksi nantinya, tidak langsung merasa lega. Sebab mereka bakal menghadapi ujian lebih berat lagi.

“Untuk lomba MTQ Nasional V Korpri ini akan digelar di Sulawesi Utara Oktober 2020,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan