3 Calon Sekda Sumbar bakal Disampaikan ke Presiden

  • Bagikan
3 calon Sekda Sumbar
Hasil seleksi terbuka jabatan Sekda Sumbar berakhir dengan dikeluarkannya nama 3 calon Sekda Sumbar untuk disampaikan ke KASN dan Kemendagri. (Ilustrasi: Tim Datiak.com)

Padang | Datiak.com – Kompetisi seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Barat (Sumbar) sudah selesai. 3 calon Sekda Sumbar telah ditetapkan sebagai peserta yang lulus seluruh rangkaian seleksi. Mulai dari tahapan seleksi administrasi, penulisan makalah, uji kompetensi, tes kesehatan, tes kejiwaan, tes bebas narkoba, presentasi, dan terakhir wawancara.

Informasi yang dihimpun Datiak.com, ketiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berhasil melalui tahapan seleksi terbuka jabatan Sekda Sumbar tersebut, yaitu Yozawardi Usama Putra, Hansastri, dan Andri Yulika.

Yozawardi dan Hansastri sebenarnya tidak asing lagi di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar. Sebab, Yozawardi saat ini mengemban jabatan Kepala Dinas Kehutanan Sumbar. Sedangkan Hansastri menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi (Bappeda) Sumbar.

BACA JUGA:  Pelaku Kekerasan Anak Divonis 2 Bulan dengan Percobaan 5 Bulan

Begitupun dengan Andri Yulika, namanya sudah sangat akrab di Kota Padang. Sebab, Andri pernah menjabat Inspektur Pemerintah Kota Padang, dan sekarang ditempatkan sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia di Pemerintah Kota Padang.

Sekarang, nasib 3 calon Sekda Sumbar itu tergantung pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia, Joko Widodo. Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Seleksi Calon Sekda Sumbar, Hamdani, kemarin (26/6).

“Tiga nama yang lulus pada seleksi terbuka jabatan Sekda Sumbar ini sudah disampaikan kepada selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), yakni Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah,” ujar Hamdani.

Sampaikan Hasil 3 Calon Sekda Sumbar ke KASN dan Kemendagri

Setelah nama 3 calon Sekda Sumbar itu diterima Gubernur, lanjutnya, terdapat dua tahapan penting yang harus dilalui. Yakni penyampaian hasil kepada Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), lalu berlanjut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

BACA JUGA:  Formasi CPNS di Sumbar, 240 untuk Lulusan SMA

Penyampaian hasil tiga besar tersebut ke KASN, katanya ditujukan untuk mendapatkan rekomendasi dari KASN tersebut. Sedangkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk diteruskan kepada Presiden, sehingga dilakukan penilaian akhir.

“Keputusan Presiden (Keppres) yang akan menentukan siapa sekda definitif di Pemerintah Provinsi Sumbar nantinya. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil Rapat Tim Penilai Akhir yang dilakukan di pusat,” ungkapnya.

Hamdani memperkirakan, penyampaian hasil seleksi yang menetapkan 3 calon Sekda Sumbar ke KASN hingga Kementerian Dalam Negeri, bisa kurang dari seminggu. Namun, untuk hasil penetapan siapa sekda terpilih tergantung pada diterbitkannya Surat Keputusan Presiden. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan