Iklan Melayang
Iklan Melayang

20 Kelompok Tani di Padangpariaman Dapat Bantuan Alsintan

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mencoba salah satu mesin pertanian, sebelum dirinya menyerahkan bantuan alsintan kepada 20 kelompok tani di Padangpariaman, di halaman kantor Dispertangan Padangpariaman, kemarin.
Foto: Humas Padangpariaman
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Sebanyak 20 kelompok tani di Padangpariaman mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) tahun ini. Bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani, oleh Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) Padangpariaman, kemarin.

Saat penyerahan alsintan tersebut, Suhatri Bur didampingi Kepala Dispertangan Padangpariaman, Yurisman beserta jajarannya. Sebelum menyerahkan bantuan, Suhatri Bur juga menyempatkan mencoba sejumlah mesin pertanian.

banner 336x280

Hal itu ia lakukan untuk memastikan setiap alsitan yang diserahkan kepada 20 kelompok tani di Padangpariaman tersebut, dapat kondisi baik dan siap digunakan. “Alat dan mesin pertanian ini merupakan bantuan langsung dari Kementerian Pertanian (Kementan),” ujar Suhatri Bur.

Jumlah bantuan yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementan, lanjutnya, berdasarkan usulan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman tahun 2020. “Bantuan alat dan mesin pertanian yang kita peroleh tahun yaitu 2 unit cultivator, 7 unit power tresher, dan 1 unit combine harvester,” ungkapnya.

Di samping itu, katanya Kementan juga memberikan bibit kelapa dan benih padi untuk Padangpariaman. Lalu berupa kegiatan P2L DAK non fisik, dan P2L APBN. “Pada dasarnya, bantuan ini terwujud berkad doa para petani kita yang dijabah oleh Allah SWT,” hematnya.

Untuk itu, Suhatri Bur berharap bantuan alsintan itu dapat mendukung pertumbuhan ekonomi anggota dari 20 kelompok tani di Padangpariaman tersebut. Selain itu, mereka bisa berkontribusi dalam meningkatkan produksi pertanian di Padangpariaman ke depannya.

“Jagalah dengan baik setiap alat dan mesin pertanian ini. Sebab, manfaatnya sangat besar bagi anggota kelompok untuk jangka panjang,” pesan Suhatri Bur.

Potensi jadi Lumbung Beras

Dalam kesempatan itu, bupati yang akrab disapa Aciak itu juga menjelaskan soal potensi sektor pertanian di Padangpariaman. Terlebih pada komoditi beras, Padangpariaman telah mengalami surplus (melebihi kebutuhan).

“Lahan basah (sawah) kita yang luasnya 23.856 hektare, mampu menghasilkan 164.000 ton beras setiap tahunnya. Sedangkan rata-rata konsumsi beras masyarakat kita per tahun 31.500 ton,” katanya mengkalkulasikan.

“Artinya, kita berpeluang besar menjadi lumbuh beras. Jadi, kita tidak saja bisa memasok beras untuk daerah-daerah dalam Sumatera Barat, tetapi daerah lainnya di Indonesia yang minat dengan beras kita,” tukas Suhatri Bur sembari berpamitan usai menyerahkan bantuan alsintan untuk 20 kelompok tani di Padangpariaman tersebut. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan