Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

20 Hektare Sawah di Pasaman Barat Sawah Gagal Panen

  • Bagikan
Salah satu sawah di Pasaman Barat yang mengalami kerusakan karena terdampak banjir. (Foto: Istimewa)

Pasaman Barat | Datiak.com – Petani di Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, dihadapkan dengan persoalan gagal panen. Peristiwa gagal panen sawah di Pasaman Barat tersebut, terjadi sejak 7 Oktober lalu. Penyebabnya adalah banjir yang melanda kawasan itu.

Data yang dihimpun Datiak.com, sawah di Pasaman Barat yang terdampak banjir hingga tercancam gagal panen, terdapat di dua Jorong. Yakni Jorong Guo Siligawan Gadang. Luas keseluruhan lahan sawah yang rusak itu sekitar 20 hektare.

Untuk itu, warga di sana sangat berharap adanya solusi dari Pemkab Pasbar, untuk penyelesaian permasalahan sawahnya itu. Sehingga, perekonomian mereka tidak semakin sulit di masa pandemi Covid-19 ini.

Setidaknya dengan musibah ini ada 42 kepala keluarga (KK) dengan dua kelompok tani. Yakni dari Kelompok Tani Suka Maju yang beranggotakan 24 KK, lalu Kelompok Tani Usaha Subur dengan anggota 18 KK.

BACA JUGA:  Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Padang Mencapai 80 Persen

“Kejadian terkait kerusakan lahan pertanian warga dan kasus gagal panen itu, telah kita laporkan ke dinas terkait. Seperti Dinas Pangan, Dinas Sosial dan BPBD serta Baznas,” kata Camat Gunung Tuleh, Randy Hermawan.

Katanya, masyarakat berharap OPD terkait bisa membantu petani yang terkena dampak bencana. Sebab, rata-rata petani yang terdampak itu mempunyai nilai ekonomi yang lemah dan berpenghasilan rendah.

“Harapan masyarakat tentunya bisa memperoleh bantuan dari pemerintah. Termasuk juga harapan adanya program normalisasi sungai di Jorong Guo yang kerap meluap dan banjir ketika musim penghujan,” ungkap Randy.

Randy mengakui, sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi terkait laporan kerusakan sawah yang sudah disampaikan ke OPD terkait. Menurutnya, laporan itu bisa saja masih dalam proses pembahasan untuk dicarikan solusi yang tepat. (da.)

  • Bagikan