Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

2 Sektor Perekonomian Padangpariaman Menggeliat

  • Bagikan
2 sektor perekonomian padangpariaman
Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan Bupati Padangpariaman menebar benih ikan di Nagari Air Tajun, Kecamatan Lubukalung, kemarin. Benih itu merupakan bantuan Pemprov Sumbar melihat kian berkembangnya sektor perikanan, pertanian dan peternakan di Padangpariaman. (Foto: Humas Padangpariaman)

Padangpariaman | Datiak.com – 2 sektor perekonomian Padangpariaman sangat menggeliat saat ini. Yakni budidaya perikanan dan lebah madu Galo-galo atau trigona sp. Potensi itupun mendapat perhatian khusus dari Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy.

Menurut Audy, sektor perikanan, peternakan dan pertanian, merupakan basis utama perekonomian Sumatera Barat. Hal itu sesuai dengan apa yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Barat periode ini.

“Makanya kita sangat serius menggarap hal ini (sektor pertanian umum, Red). Sebab, sektor ini paling tangguh dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini,” hemat Audy.

“Buktinya, di saat sektor lain mengalami perlambatan, sektor pertanian, peternakan ataupun perikanan masih terbilang aman pergerakannya,” imbuh Audy yang juga dikenal sebagai salah seorang pengusaha sektor pertanian dan peternakan tersebut.

Untuk itu, Audy memberikan dukungan terhadap 2 sektor perekonomian Padangpariaman yang kini sedang menggeliat. Salah satunya yang perikanan. Sedangkan sektor satunya budi daya lebah madu (Galo-galo). Dukungannya berupa pemberian 22 ribu ekor benih ikan dan 50 kotak indukan Galo-galo.

Bantuan itu disalurkan Audy di dua Nagari di Padangpariaman. Untuk benih ikan, disalurkan ke Nagari Air Tajun, Kecamatan Lubukalung. Sedangkan indukan Galo-galo diberikan kepada petani yang membudidayakannya di Nagari Pakandangan, Kecamatan Enamlingkung.

“Semoga bantuan ini bisa membantu usaha bapak/ibu petani semakin berkembang usahanya ke depan,” harap Audy.

Apresiasi Perkembangan 2 Sektor Perekonomian Padangpariaman

Dalam penyaluran bantuan untuk 2 sektor perekonomian Padangpariaman tersebut, Audy didampingi langsung oleh Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur. Kepada Suhatri Bur, Audy mengungkapkan kenapa dirinya begitu rajin mengunjungi Padangpariaman.

“Saya sangat suka ke Padangpariaman, karena saya melihat Padangpariaman sangat serius menggarap sektor ini (pertanian, peternakan dan perikanan, Red). Misalnya 2 sektor perekonomian Padangpariaman yang kini bantu hari ini, yaitu budidaya perikanan dan lebah madu,” ungkap Audy.

“Cotohnya beberapa waktu lalu kita juga mengunjungi peternakan ayam petelur di 2×11 Kayutanam. Lalu mengikuti panen pertanian jagung. Saya sangat mengapresiasi pak Suhatri Bur,” tukas Audy.

Menyikapi pujian Wakil Gubernur Sumbar tersebut, Suhatri Bur menyampaikan apresiasi balik untuk Audy. Sebab, menurutnya Audy yang mebih memahami sektor potensial di Padangpariaman tersebut. Makanya, ia sangat berterima kasih karena Audy rutin berkunjung ke Ranah Saiyo Sakato itu.

“Kita lihat pak wagub sangat serius dan menguasai sektor ini. Makanya, kita rajin mengundang beliau ke sini. Alhamdulillah, hari ini petani kita mendapatkan bantuan benih ikan dan indukan lebah madu (Galo-galo),” ucap Suhatri Bur.

“Semoga 2 sektor perekonomian Padangpariaman yang dibantu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang disalurkan oleh pak wagub hari ini (kemarin), bisa semakin berkembang pesat ke depannya,” tukas bupati yang akrab disapa Aciak tersebut.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Padangpariaman Arwinsyah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Yosmeri, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten, Zainil, serta wali nagari di nagari yang dikunjunginya. (da.)


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan