Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

2 Pemuda Tanahdatar yang Lari ke Padang Tertangkap

2 pemuda Tanahdatar berinisial TJ (20 tahun) dan IB (18 tahun) yang kini diamankan di Mapolres Tanahdatar atas dugaan tindak pidana pencabulan. (Foto: Istimewa)
275 pembaca

Tanahdatar | Datiak.com – 2 pemuda Tanahdatar yang melarikan diri ke Kota Padang berhasil diringkus Satuan Reskrim Polres Tanahdatar. Mereka tertangkap saat sudah kembali ke Tanahdatar. Tepatnya di Jorong Koto Gadang Hilir, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting.

2 pemuda Tanahdatar tersebut berinisial TJ (20 tahun) dan IB (18 tahun). Mereka ditangkap petugas kepolisian sekitar Sabtu (31/7/2021), sekitar pukul 10.00 WIB. Saat diamankan, keduanya hanya bisa pasrah alias tidak melakukan perlawanan ataupun upaya melarikan diri.

TJ dan IB diringkus petugas dari Satuan Reskrim Polres Tanahdatar, atas dugaan perbuatan pencabulan terhadap gadis berusia 16 tahun. Tindakan itu diduga dilkakukannya pada Senin (26/7/2021), sekitar pukul 02.00 WIB. Lokasinya di salah satu rumah yang beralamat di Jorong Koto Gadang Hilia, Nagari Padang Ganting.

”Tersangka melakukan cabul dengan cara membawa korban ke rumah orang tua salah seorang tersangka (terduga pelaku). Kemudian, kedua tersangka melakukan perbuatan persetubuhan layaknya suami istri terhadap korban tersebut,” ujar Iptu Syafri, Kasat Reskrim Polres Tanahdatar, Minggu (1/8/2021).

Setelah melakukan perbuatan itu, 2 pemuda Tanahdatar tersebut melarikan diri ke Kota Padang. Namun, keduanya terdeteksi oleh petugas ketika kembali dari Kota Padang pada Jumat  malam (30/7/2021).

“Pas mereka sudah kembali ke Padang Ganting Jumat malam, Sabtu pagi kita langsung melakukan penangkapan. Informasi keberdaan tersangka di wilayah Padang Ganting kita peroleh dari masyarakat,” ujarnya.

Ancaman Hukuman 2 Pemuda Tanahdatar

Dengan menurunkan beberapa petugas, lanjut Iptu Syafri, 2 pemuda Tanahdatar yang berinisial TJ dan IB tersebut berhasil diamankan. Keduanya pun langsung dibawa ke Mapolres Tanahdatar, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Unit PPA Satuan Reskrim Polres Tanahdatar.

Menurutnya, 2 pemuda Tanahdatar yang diduga pelaku tindak pidana pencabulan tersebut, berpotensi terancam sanksi sebagaimana diatur Pasal 81 jo Pasal 82 Undang Undang (UU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, serta Pasal 287 KUH Pidana. (da.)


Temukan berita Tanahdatar hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

Avatar photo