19.530 KK di Pariaman Dipastikan Terima Bantuan

  • Bagikan
Sekdako Pariaman, Fadli saat memimpin rapat di ruang rapat Wali Kota Pariaman. (Foto: Humas)

Pariaman – Pemerintah Kota Pariaman menjanjikan bantuan untuk warganya yang terdampak pandemi covid-19 (virus corona baru), dirampungkan penyalurannya paling lambat awal Mei 2020. Jumlah kepala keluarga (KK) yang akan mendapatkan bantuan tersebut, tercatat sebanyak 19.530 KK.

Sekretaris Kota Pariaman, Fadli menjelaskan, bantuan yang akan disalurkan dari pemerintah pusat dan provinsi, berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 2.220 KK, Sembako untuk 1.004 KK, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial untuk 4.800 KK, dan BLT dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk 2.142 KK. Jadi totalnya sebanyak 10.166 KK.

“Untuk 9.364 KK lainnya yang terdampak covid-19 di Kota Pariaman, bakal dibantu menggunakan APBD Pariaman dan dana desa serta kelurahan,” ujarnya.

Bantuan yang dari kelurahan, katanya dialokasikan untuk 100 KK. Sedangkan dari dana desa akan mengakomodir sebanyak 123 KK. Sisanya akan diselesaikan menggunakan APBD Pariaman.

“Jadi, 70 persen warga terdampak itu akan dibantu menggunakan APBD. 30 persen lainnya barulah menggunakan dana desa dan kelurahan,” katanya.

Katanya, bantuan dari APBD dan dana desa tersebut, bakal disalurkan berupa sembako hingga uang tunai. Masing-masing KK diberi sebesar Rp 600 ribu. Masyarakat yang terdampak covid-19 tersebut akan menerimanya hingg tiga bulan mendatang.

“Bantuan ini dikecualikan bagi ASN, TNI, Polri, pensiunan, kepala desa, perangkat desa, dan keluarga sejahtera lainnya,” ungkapnya.

Untuk penyaluran bantuan, kata Fadli akan dilakukan melalui rekening masing-masing penerima. Nantinya, petugas bank akan langsung mendatangi desa para penerima bantuan tersebut. “Penyaluran bantuan ini tanpa biaya administrasi,” tegasnya. (da.)

  • Bagikan