Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

14 Bahasa Kode dalam Dunia Narkoba dan 5 Ciri-ciri Penggunanya

Ilustrasi transaksi narkoba. (Foto: Ist)
1386 pembaca
1. Ikan atau Iwak

Ikan atau iwak adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada ekstasi atau inex. Ini adalah contoh bagaimana istilah bahasa kode dapat digunakan untuk mengacu pada jenis narkoba tertentu.

2. Cimeng

Cimeng adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada ganja atau marijuana. Istilah ini digunakan untuk merahasiakan pembicaraan tentang ganja.

3. Hai

Istilah Hai biasanya juga digunakan para pengedar dan pengguna narkoba jenis ganja. Sama dengan Cimeng, kata Hai ditujukan untuk merahasiakan komunikasi terkait ganja.

4. Sayur

Masih menyangkut narkoba jenis ganja. Kata Sayur juga ada yang menggunakannya jelang transaksi narkoba yang biasanya dipakai sebagai tembakau rokok ini.

5. Etep

Istilah ini digunakan untuk merujuk pada penggunaan atau aktivitas terkait sabu-sabu. Tetapi, ini mungkin saja tidak digunakan di seluruh daerah di Indonesia.

6. Garam

Istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di Masyarakat. Terlebih Ketika dilontarkan orang-orang yang dicurigai sebagai pengguna dan pengedar narkoba. Penggunaan kata garam biasanya mengacu pada sabu-sabu.

7. Gosok

Bahasa ini, biasanya dipakai para pengguna narkoba jenis sabu-sabu. Dari investigasi Datiak.com, ternyata kata ini menyimbolkan sabu-sabu itu sendiri.

Bahasa Kode yang Berbeda di Berbagai Wilayah

Penting untuk diingat bahwa istilah dan sandi dalam dunia narkoba dapat berbeda-beda di berbagai wilayah. Misalnya, istilah yang digunakan di satu kota mungkin tidak sama dengan yang digunakan di kota lain. Ini membuat penyelidikan oleh pihak berwenang menjadi lebih sulit karena bahasa kode dapat bervariasi secara signifikan.

Mengenali Ciri-ciri Pengguna Narkoba

Mengenali ciri-ciri pengguna narkoba juga bisa membantu dalam mendeteksi penyalahgunaan narkoba. Berikut ciri-ciri pengguna narkoba secara umum:

1. Perubahan Fisik
  • Mata merah atau berkaca-kaca.
  • Pupil mata yang melebar atau menyempit.
  • Perubahan berat badan yang tiba-tiba.
  • Perubahan kebersihan diri yang mencolok.
2. Perubahan Perilaku
  • Sering berhalusinasi dan kerap melontarkan kata-kata yang tidak jelas.
  • Sulit berkomunikasi dan apa yang disampaikan sulit dipahami.
  • Perilaku impulsif atau agresif yang tidak biasa.
3. Perubahan Kesehatan
  • Pupil mata membesar, tidak fokus, dan selalu berair.
  • Anggota tubuh yang bergetar.
  • Mual, muntah, kram perut, pusing, dan pandangan kabur.
4. Penurunan Kinerja Sosial dan Pekerjaan
  • Penggunaan narkoba dapat mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan seseorang, termasuk ketidakhadiran yang sering dan penurunan produktivitas.
5. Penyitaan Narkoba atau Peralatan
  • Menemukan benda-benda terkait narkoba seperti pipa, jarum suntik, bungkus plastik kecil, atau alat lain yang digunakan untuk mengonsumsi narkoba.

Memang, ciri-ciri pengguna narkoba bisa bervariasi tergantung pada jenis narkoba yang digunakan, dan sejauh mana penyalahgunaan telah berlangsung. Jika masih meragukan, penting untuk mencari bantuan profesional jika Anda mencurigai seseorang terdekat atau keluarga Anda menjadi pengguna narkoba.

Kesimpulan

Bahasa kode, istilah, atau sandi yang digunakan oleh pengedar dan pemakai narkoba adalah bagian integral dari dunia gelap narkoba. Ini membantu mereka untuk berkomunikasi tanpa terdeteksi dan menjalankan bisnis ilegal ini dengan efisien.

Namun, pihak berwenang terus berupaya untuk memahami bahasa kode ini dan melacak para pelaku narkoba. Pemahaman ini penting dalam upaya untuk mengatasi permasalahan narkoba dan memberikan keamanan masyarakat. (*)