Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

131 Perwira Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Dilantik

  • Bagikan
Kepala BPSDMP Kemenhub, Sugihardjo, melantik perwakilan Perwira Pelayaran Niaga Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Sabtu (14/11). (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Politeknik Pelayaran Sumatera Barat menggelar wisuda Perwira Pelayaran Niaga, Sabtu (14/11). Sebanyak 131 perwira lulusan kampus yang dinaungi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut, dilantik langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub, Sugihardjo.

Wisuda tersebut hanya diikuti internal Poltekpel Sumbar secara langsung di lapangan Poltekpel Sumbar. Turut hadir Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Sahattua P. Simatupang, serta Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkab Padangpariaman, Anwar.

Sedangkan keluarga para perwira yang diwisuda, menyaksikan pelantikan anak-anaknya secara daring yang disajikan di media sosial resmi Poltekpel Sumbar, serta melalui aplikasi Zoom. Penerapan protokol kesehatan juga sangat ketat di sana.

Kendati begitu, suasana wisudanya tetap terasa meriah. Sebab, pihak yang disewa sebagai penyelenggara acara (EO), CV. Valencia Pesta, mengonsep wisuda di tempat terbuka tersebut, dengan berbagai hiburan. Mulai dari tarian, silat, drama, hingga paduan suara hingga drum band.

Menariknya, seluruh hiburan yang tersebut dijalani para taruna dan taruni Poltekpel Sumbar angkatan IV. Mereka tampak piawai memainkan berbagai kesenian tersebut. Sehingga, suasana wisudanya terasa begitu meriah.

Sugihardjo yang menjadi inspektur upacara wisuda dan pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Poltekpel Sumbar, berpesan agar lulusan Poltekpel Sumbar mampu mengharumkan nama lembaga yang mendidiknya, Kemenhub, terlebih Indonesia ke depannya. Sebab, mereka telah diajarkan dengan penuh kedisiplinan dan keilmuan yang lengkap.

131 Perwira Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Dilantik 1

“Sesuai dengan tema wisuda tahun ini, kita harus bisa ‘Menuju Indonesia Maju dan Kompetitif di Kancah Internasional’. Artinya, lulusan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat untuk harus menanamkan dalam hti maksud dari tema ini,” pesan Sugihardjo kepada 131 perwira yang akan dilantiknya dalam wisuda tersebut.

Sugihardjo turut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Padangpariaman yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Anwar. Sebab, menurutnya jasa Pemkab Padangpariaman sangat besar untuk mewujudkan Poltekpel Sumbar.

“Pak Anwar tentunya sangat berjasa juga untuk Politeknik Pelayaran Sumatera Barat ini. Sebab, jelang pendidikan kampus ini, pak Anwar camat di sini,” ungkap Sugihardjo.

Pesan Capt. Mochamad Abduh

Sedangkan Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Mochamad Abduh, M.M.Tr, menjelaskan bahwa 131 Perwira Pelayaran Niaga yang diwisuda, berasal dari tiga program. Sebanyak 49 orang perwira dari Program Diklat Pelaut Tingkat III Pembentukan Program Studi Nautika (ANT-III), 58 orang perwira Program Studi Teknika (ATT-III), dan 24 orang perwira Program Diklat Pelaut Tingkat III Peningkatan (ANT-III).

“Lulusan terbaik kita yaitu Games Oktorindo (ANT-III) DP-III Pembentukan, Bela Keta Carera (ANT-III) DP-III Pembentukan, Ara Satria Jabbar (ATT-III) DP-III Pembentukan, Al Isroq (ANT-III) DP-III Peningkatan,” ungkap Capt. Mochamad Abduh.

131 Perwira Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Dilantik 2

Kendati begitu, menurutnya seluruh perwira yang dilantik tersebut adalah lulusan terbaik. Sebab, mereka tidak hanya akan menunjukkan kompetensinya di kancah nasional, tetapi juga internasional. “Masuk dan berhasil menyelesaikan pendidikan di sini, berarti sudah menjadi yang harapan untuk bisa memberikan yang terbaik kepada negeri ini,” hematnya.

Untuk itu, Capt. Mochamad Abduh berpesan agar perwira yang baru menyelesaikan pendidikannya di Poltekpel Sumbar itu, tidak hanya terpaku pada ilmu pelayaran saja ke depannya. Sebab, di luar sana keberadaan mereka sangat dituntut dengan multitalenta.

131 Perwira Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Dilantik 3

“Terus tingkatkan wawasan dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga, kita bisa memperliatkan ke kancah Internasional bahwa Indonesia memiliki banyak generasi emas,” pesannya.
Tidak itu saja, Capt. Mochamad Abduh turut berpesan kepada lulusan Poltekpel Sumbar tersebut, agar bisa menjadi panutan di masyarakat. Hal itu tentunya dapat diwujudkan dengan memperlihatkan sikap terpelajar dan kemampuan mengeddukasi masyarakat.

Apresiasi Pemkab Padangpariaman

Usai menghadiri wisuda tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Pemkab Padangpariaman, Anwar, mengaku sangat mengapresiasi Poltekpel Sumbar. Sebab, kampus pelayaran bertaraf internasional itu mampu membentuk taruna/taruninya menjadi perwira multitalenta.

“Saya kagum taruna di sini bisa melakukan berbagai bidang seni. Bahkan menurut saya sudah seluruhnya mereka kuasai. Jadi kita tidak bisa melihat mereka sebagai perwira pelayaran saja ke depannya,” hemat Anwar.

131 Perwira Politeknik Pelayaran Sumatera Barat Dilantik 4

Untuk itu, menurutnya Pemkab Padangpariaman memang sangat beruntung dengan adanya Poltekpel Sumbar di Padangpariaman. Tidak hanya mampu menjadi wadah pendidikan berkualitas tinggi, kampung itu juga mampu menggeliatkan perekonomian di sekitarnya.

“Kita juga apresiasi soal kedisiplinan dan penerapan protokol kesehatan di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Sangat patut dicontoh oleh lembaga lain serta masyarakat,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan