13 Medis di Padangpanjang Positif Corona

  • Bagikan
RSUD Padangpanjang terlihat dari depan. (Foto: Istimewa)

Padangpanjang – Malang benar nasib 13 tenaga medis di RSUD Padangpanjang. Mereka dinyatakan positif terinfeksi covid-19 (virus corona baru). Hal itu setelah Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, mengeluarkan hasil swab mereka, Kamis malam (30/4).

Kepala Dinas Kesehatan Padangpanjang, Nuryanuwar membenarkan hasil tersebut. Katanya, dari 70 tenaga medis di RSUD Padangpanjang yang dites swab, 13 di antaranya dinyatakan positif terinfeksi.

Ke-13 tenaga medis itu, imbuhnya, terdiri dari perawat, bidan, hingga dokter. “Sekarang mereka di rawat di RSUD Padangpanjang,” kata Nuryanuwar, Jumat (1/5).

Nuryanuwar juga membenarkan bahwa 13 medis tersebut memiliki riwayat kontak dengan NS, salah seorang ibu hamil yang dinyatakan positif corona, Minggu malam (26/4). Sebab NS sempat dirawat di RSUD Padangpanjang.

“Pasien itu (NS) sempat beberapa kali ke RSUD, sehingga ia sering kontak dengan tenaga medis di sana,” ungkap.

Sementara itu, Direktur RSUD Padangpanjang, dr Ardoni menjelaskan, kini pihaknya memulai penelusuran riwayat kontak 13 tenaga medis itu. Tepatnya riwayat kontak mereka setelah menangani pasien NS.

Selain itu, pihaknya juga melakukan desinfeksi dan seterilisasi seluruh ruangan. Terlebih yang rutin dilalui 13 tenaga kesehatan tersebut.

Seperti diketahui, NS merupakan salah perantau Nagari Panyalai, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar. Ia memutuskan pulang ke kampung halamannya sejak awal Februari 2020. Hal itu karena kondisi kandungannya yang sudah mendekati masa persalinan.

Sesampai di kampung, NS tidak merasakan adanya kendala kesehatan. Ia berkunjung ke puskesmas untuk sekadar memastikan kondisi kehamilannya. Hanya saja, beberapa kali berobat di puskesmas, ia diputuskan untuk dirujuk ke RSUD Padangpanjang.

Pasca keputusan rujuk tersebut, NS tercatat empat kali melakukan kunjungan pengobatan ke RSUD Padangpanjang. Ia bakan sempat masuk IGD dan dirawat.

Hanya saja, tidak ada tanda-tanda gejala covid-19 pada NS. Bahkan, setelah beberapa kali mengikuti rapid test (tes cepat) covid-19, hasilnya selalu negatif. (da.)

  • Bagikan