Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

10 Ide Usaha Minuman dengan Modal Kecil, Hasilkan Untung Besar

Ilustrasi para pedagang minuman keninian. (Foto: Bing Image Creator)
115 pembaca

Anda kesulitan mendapat ide usaha minuman kekinian? Jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan beberapa ide usaha minuman dengan modal kecil, yang dapat menghasilkan keuntungan besar. Apa saja itu?

Usaha minuman kekinian adalah salah satu bisnis yang menjanjikan, karena memiliki target pasar yang luas, mulai dari anak muda hingga dewasa. Selain itu, usaha minuman juga tidak membutuhkan modal yang besar, asalkan Anda bisa berkreasi dengan rasa, penyajian, dan promosi yang menarik.

Berikut adalah beberapa ide usaha minuman kekinian dengan modal kecil, tetapi untung besar, yang bisa Anda coba:

1. Bubble Tea Homemade

ide usaha minuman kekinian bubble tea homemade

Bubble tea adalah minuman yang berasal dari Taiwan, yang terdiri dari teh, susu, gula, es batu, dan bubble atau boba, yaitu bola-bola kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Minuman ini sangat digemari karena memiliki berbagai pilihan rasa, seperti cokelat, taro, matcha, buah-buahan, dan lain-lain.

Untuk memulai usaha bubble tea homemade, Anda hanya perlu menyediakan bahan-bahan dasar, seperti teh, susu, gula, es batu, dan bubble yang bisa dibeli secara online atau di toko khusus. Anda juga bisa menambahkan topping lain, seperti jelly, pudding, atau whipped cream, untuk membuat minuman Anda lebih variatif dan menarik.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha bubble tea homemade ini sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000, tergantung dari jumlah dan kualitas bahan yang Anda beli. Untuk harga jual, Anda bisa menyesuaikan dengan pasar di sekitar Anda, tetapi biasanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per gelas.

2. Minuman Susu Kemasan

ide usaha minuman susu kemasan kekinian

Minuman susu kemasan adalah minuman yang terbuat dari susu segar atau susu bubuk, yang dikemas dalam botol plastik atau kertas. Minuman ini memiliki rasa yang lezat dan gurih, serta kaya akan kalsium dan protein. Minuman susu kemasan juga bisa dicampur dengan berbagai rasa, seperti cokelat, stroberi, vanila, kopi, dan lain-lain.

Untuk memulai ide usaha minuman susu kemasan, Anda perlu menyediakan susu dalam kemasan besar, yang bisa dibeli di supermarket atau grosir, dan mengemasnya ke dalam kemasan yang lebih kecil, yang bisa dibeli secara online atau di toko kemasan. Anda juga perlu menambahkan rasa dan pewarna sesuai dengan selera Anda.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha minuman susu kemasan ini juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000, tergantung dari jumlah dan kualitas bahan yang Anda beli. Untuk harga jual, Anda bisa menyesuaikan dengan pasar di sekitar Anda, tetapi biasanya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per botol.

3. Usaha Kopi Kekinian

ide usaha minuman kopi kekinian

Kopi adalah minuman yang sangat populer di Indonesia, karena memiliki aroma dan rasa yang khas, serta bisa memberikan efek menyegarkan dan meningkatkan konsentrasi. Kopi juga memiliki berbagai jenis dan varian, seperti kopi hitam, kopi susu, kopi tubruk, kopi espresso, kopi latte, kopi cappuccino, dan lain-lain.

Untuk memulai usaha kopi kekinian, Anda perlu menyediakan bahan-bahan seperti kopi bubuk, kopi instan, atau kopi biji, yang bisa dibeli di supermarket, toko kopi, atau online, serta alat-alat seperti teko, gelas, sendok, gula, susu, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan topping seperti whipped cream, cokelat, atau sirup, untuk membuat minuman Anda lebih variatif dan menarik.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha kopi kekinian ini bervariasi, tergantung dari jenis dan kualitas kopi yang Anda gunakan, serta alat-alat yang Anda miliki. Namun, secara umum, modal yang dibutuhkan berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000. Untuk harga jual, Anda bisa menyesuaikan dengan pasar di sekitar Anda, tetapi biasanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per gelas.

4. Aneka Jus

ide usaha minuman aneka jus

Jus adalah minuman yang terbuat dari buah-buahan atau sayuran yang dihaluskan atau diperas, yang memiliki rasa yang segar dan manis, serta kaya akan vitamin dan serat. Jus juga bisa dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti susu, yogurt, madu, atau gula, untuk menambah rasa dan nutrisi.

Untuk memulai usaha aneka jus, Anda perlu menyediakan berbagai jenis buah-buahan atau sayuran yang segar, yang bisa dibeli di pasar, supermarket, atau online, serta alat-alat seperti blender, juicer, gelas, sendok, pisau, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera Anda.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha aneka jus ini tergantung dari jenis dan kualitas buah-buahan atau sayuran yang Anda gunakan, serta alat-alat yang Anda miliki. Namun, secara umum, modal yang dibutuhkan berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000. Untuk harga jual, Anda bisa menyesuaikan dengan pasar di sekitar Anda, tetapi biasanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per gelas.

5. Es Teh Kekinian

ide usaha minuman es teh kekinian

Es teh adalah minuman yang terbuat dari teh yang diseduh dengan air panas, kemudian ditambahkan dengan es batu, gula, dan lemon. Minuman ini memiliki rasa yang menyegarkan dan menyehatkan, serta bisa diminum kapan saja dan di mana saja. Es teh juga bisa dicampur dengan berbagai rasa, seperti melati, jeruk, jahe, dan lain-lain.

Untuk memulai usaha es teh kekinian, Anda perlu menyediakan bahan-bahan seperti teh celup, teh bubuk, atau teh daun, yang bisa dibeli di supermarket, toko teh, atau online, serta alat-alat seperti teko, gelas, sendok, gula, lemon, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera Anda.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha es teh kekinian ini sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000, tergantung dari jumlah dan kualitas bahan yang Anda beli. Untuk harga jual, Anda bisa menyesuaikan dengan pasar di sekitar Anda, tetapi biasanya berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per gelas.

6. Pop Ice Kekinian

ide usaha minuman pop ice kekinian

Pop ice adalah minuman yang terbuat dari sirup yang dicampur dengan air, kemudian dibekukan dalam kemasan plastik. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan dingin, serta bisa dinikmati dengan cara disedot atau digigit. Pop ice juga bisa dicampur dengan berbagai rasa, seperti cokelat, stroberi, anggur, dan lain-lain.

Untuk memulai usaha pop ice kekinian, Anda perlu menyediakan bahan-bahan seperti sirup, air, dan kemasan plastik, yang bisa dibeli di supermarket, toko kue, atau online, serta alat-alat seperti panci, sendok, gelas ukur, dan lain-lain. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera Anda.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha pop ice kekinian ini juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000, tergantung dari jumlah dan kualitas bahan yang Anda beli. Untuk harga jual, Anda bisa menyesuaikan dengan pasar di sekitar Anda, tetapi biasanya berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per kemasan.

7. Minuman Botol Bersoda Non Alkohol

ide usaha minuman botol bersoda non alkohol

Minuman botol bersoda non alkohol adalah minuman yang terbuat dari air, gula, dan ekstrak buah atau bunga, yang dicampur dengan karbon dioksida untuk memberikan sensasi berbusa. Minuman ini memiliki rasa yang segar dan menyenangkan, serta bisa diminum oleh semua kalangan.