Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Paling Efektif yang Bisa Anda Coba

Ilustrasi seorang wanita yang mengalami radang pada tenggorokannya. (Foto: State Urgent Care)
806 pembaca
Dalam artikel ini akan diulas 10 cara mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, juga hal-hal yang menjadi penyebab radang tenggorokan dan gejala umum radang tenggorokan.

Radang tenggorokan adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak orang. Namun, banyak cara mengatasi radang tenggorokan tersebut. Kadang ada yang pulih dalam waktu cepat. Namun, beberapa kasus membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama. Kondisi ini tentunya membuat penderitanya sangat tidak nyaman.

Gejala yang umum terkait dengan radang tenggorokan meliputi nyeri, peradangan, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan bisa bermacam-macam. Penyakit ini seringkali dapat diobati dengan langkah-langkah sederhana di rumah.

Dalam artikel ini, akan membahas secara lengkap cara mengatasi radang tenggorokan. Namun, sebelum itu penting untuk mengetahui penyebab dan bentuk gejalanya. Jadi, Anda dapat mengambil tindakan sebelum terkenda radang tenggorokan ini.

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan cukup banyak. Dalam artikel ini, dirangkum 6 pemicu yang umum terjadi dan berujung pada radang tenggorokan. Apa saja itu?

1. Infeksi Virus

Infeksi virus adalah penyebab paling umum dari radang tenggorokan. Virus seperti virus influenza (flu) atau virus yang menyebabkan pilek dapat menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Salah satu contoh paling umum adalah radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr yang menyebabkan mononukleosis.

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Contohnya adalah radang tenggorokan streptokokus, yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes. Radang tenggorokan bakteri seringkali lebih parah daripada yang disebabkan oleh virus, dan mungkin memerlukan pengobatan antibiotik.

3. Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami radang tenggorokan akibat reaksi alergi terhadap alergen tertentu. Alergen yang umumnya menjadi penyebab radang tenggorokan adalah serbuk sari, debu, bulu hewan, atau bahan kimia tertentu.

4. Iritasi Akibat Polusi Udara

Paparan terhadap polusi udara, termasuk asap rokok, debu, atau udara yang tercemar, dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.

5. Refluks Asam Lambung

Jika asam lambung naik kembali ke tenggorokan, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada tenggorokan. Ini dikenal sebagai refluks asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease).

6. Kehausan

Kurangnya hidrasi dan kehausan dapat membuat tenggorokan kering dan rentan terhadap peradangan. Jadi, Anda harus memenuhi kebutuhan air dalam tubuh secara cukup setiap harinya.

7 Gejala Umum Radang Tenggorokan

Gejala radang tenggorokan umumnya karena tujuh hal. Yakni nyeri atau sakit tenggorokan, rasa terbakar atau gatal di tenggorokan, kesulitan atau rasa sakit saat menelan makanan atau minuman, pembengkakan atau peradangan pada kelenjar getah bening di leher, batuk atau suara serak, demam ringan, dan kehilangan nafsu makan.