Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

10 Blok Kamar Tahanan di Lapas Dharmasraya Digeledah TNI dan Polisi

Seorang petugas yang sedang menggeledah salah satu kamar di Lapas Kelas III Dharmasraya, Rabu (15/11/2023). (Foto: Lapas Kelas III Dharmasraya)
179 pembaca

Dharmasraya | Datiak.com – Kamar tahanan di Lapas Dharmasraya digeledah, Rabu (15/11/2023). Kedatangan tim gabungan untuk menggeledah, membuat kaget Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas III Dharmasraya itu.

Razia gabungan digelar sebagai antisipasi benda yang mencurigakan disimpan WBP di lingkungan Lapas. Tim gabungan terdiri dari TNI, Polri, dan petugas Lapas melakukan penggeledahan terhadap ruangan dan penghuni WBP.

Kepala Lapas Kelas III Dharmasraya, Budi, didampingi Kepala KPLP Juwanda Metria, mengatakan kegiatan penggeledahan kamar tahanan di Lapas Dharmasraya itu, merupakan deteksi dini.

Hal itu guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, dan memastikan Lapas dalam keadaan aman. Terutama pada kamar tahanan kasus narkoba di Lapas Dharmasraya tersebut.

“Pada razia lapas kali ini, kita melibatkan anggota TNI dan Polri yang terdiri dari anggota Koramil 03 Pulau Punjung dan Anggota Satresnarkoba Polres Dharmasraya dan anggota Brimob juga,” ujar Budi Setyo Prabowo.

Pada saat ini, kata Budi, penghuni WBP Lapas Kelas III Dharmasraya sebanyak 245 orang. Kemudian tiga orang wanita yang masih dititipkan di Polres Dharmasraya. Saat ini, ada 10 blok kamar tahanan di Lapas Dharmasraya, yang dihuni 15 orang WBP.

Kata Budi, ada beberapa jenis kegiatan razia yang dilakukan. Yakni razia rutin internal serta razia bulanan. “Secara persentase, 60 persen penghuni lapas ini merupakan pidana narkoba,” ungkapnya.

”Kami berharap, Lapas Kelas III Dharmasraya selalu dalam keadaan nyaman, aman dan terkendali, zero narkoba dan zero benda tajam dan lainnya,” sambung Kalapas Dharmasraya.

Dari hasil razia gabungan ini, tim tidak menemukan adanya benda-benda yang mencurigakan seperti narkoba, benda tajam, atau handphone di dalam Lapas. Hal ini menunjukkan bahwa pengawasan dan pencegahan di Lapas berjalan dengan baik. (da.)